Sempat Alami Gangguan Mental, Ini Cara Marshanda Bangkit dan Sukses

By Fita Nofiana, Senin, 16 April 2018 | 14:26 WIB
Cara Marshanda bangkit dari Bipolar (instagram.com/marshanda99)

Nakita.id - Aktris peran Marshanda memang menyandang penyakit mental, khususnya Bipolar

BACA JUGA: Marshanda Curhat Soal Anak, Nia Ramadhani Beri Komentar Penguat Ini

Bipolar sendiri adalah gangguan mental yang menyerang kondisi psikis seseorang yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang sangat ekstrem berupa mania dan depresi.

Orang-orang yang mengalami bipolar akan sangat merasa sangat sedih dan senang seketika, hingga stres yang cukup ekstrem. 

Marshanda mengaku membutuhkan waktu 3 tahun untuk menerima kenyataan, dirinya memiliki gangguan bipolar.

Selama itu, Marshanda tidak pernah berhenti untuk mengenali bipolar yang ada dimilikinya. 

"Pada tahun 2009 saya divonis memiliki gangguan bipolar, dan kenyataan itu sangat sulit saya terima begitu saja, karena sepertinya merasa tidak memiliki masalah," kata Marshanda kepada Kompas.com, Kamis (29/3/2018).

Menurut Chacha, panggilan akrab Marshanda, sikap menolak kenyataan tersebut ternyata hanya menjadi hambatan baginya untuk bangkit dan melanjutkan hidup. 

"Terima saja kenyataan bahwa ada bipolar dalam diri kita. Setelah itu, kita belajar mengenali gejalanya dan mengantisipasinya dengan bantuan dokter. Apabila kita masih menolak kenyataan, hidup kita tidak akan produktif," katanya.

BACA JUGA: Balas Curhatan Marshanda Soal Anak, Ini Tanggapan Haru Ben Kasyafani

Namun demikian, Marshanda mengakui hal tersebut tidak mudah dan setiap penyintas memiliki kondisi berbeda-beda dan terapi yang menyesuaikan tipe bipolar yang dimiliki.

Bagi Marshanda, salah satu cara dirinya untuk tetap bisa mengendalikan emosinya adalah dengan menulis lima hal positif di buka hariannya.