Digadang-gadang oleh Pemerintah Ampuh untuk Cegah Penularan Virus Corona, Sebenarnya Apa yang Dimaksud dengan Social Distancing?

By Ratnaningtyas Winahyu, Senin, 16 Maret 2020 | 16:30 WIB
Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat Indonesia untuk melakukan social distancing (Freepik.com)

Nakita.id – Istilah social distancing tengah ramai menjadi perbincangan publik.

Pasalnya, belum lama ini, Presiden Joko Widodo baru saja mengimbau masyarakat Indonesia untuk menjaga jarak dari kerumunan atau yang dikenal dengan social distancing.

Selain menjaga kesehatan, langkah ini disebut-sebut efektif dan efisien untuk menekan angka korban positif Covid-19 yang terus meningkat.

Baca Juga: Tak Hanya Menginspirasi, Nakita Siap Jawab Semua Kegalauan Moms Seputar Pregnancy dan Parenting Lewat N-spiration

"Dengan kondisi ini, saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah. Yang penting saat ini adalah social distancing, bagaimana kita menjaga jarak (dari kerumunan)," ujar Jokowi dikutip dari Kompas.com.

Lantas, sebenarnya apa itu social distancing?

Seperti yang telah diwartakan oleh Nakita.id, social distancing adalah menghindari keramaian atau orang yang sedang sakit, atau dilakukan oleh pemerintah dan otoritas dengan memberlakukan kebijakan untuk tidak ke kantor dan berkerumun.

Baca Juga: Akui Dirinya Takut Virus Corona, Eko Patrio Malah Ungkap Rasa Syukur Anaknya Tak Mau Pulang dari Singapura, 'Berkah Juga'