Ternyata, Ini Penyebab "Kids Jaman Now" Lebih Cepat Menstruasi!

By Ria Rizki Agustina, Rabu, 20 Desember 2017 | 10:32 WIB
Ternyata, Ini Penyebab ()

Nakita.id - Berbicara mengenai menstruasi saat ini pastinya berbeda dengan Jaman dahulu ya Moms.

Saat ini, banyak sekali pra-remaja yang berusia di bawah 10 tahun sudah mengalami adanya menstruasi dibanding dahulu yang mengalaminya di usia 11-13 tahun.

Kondisi ini diakui oleh Satgas Remaja Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang menyebutkan, jumlah anak perempuan menstruasi pertama (menarche) saat ini di bawah umur 10 tahun meningkat.

Banyaknya pra-remaja yang mengalami kematangan hormon lebih cepat terjadi dikarenakan beberapa faktor, mulai dari individu maupun lingkungan.

Hal ini dibahas tuntas dalam event Sangobion bertema "Sangobion Femine Menstrupain Community Gathering" beberapa waktu lalu (16/12), di Kemang, Jakarta Selatan.

Menurut Elizabeth Santosa M.Psi, Psi, ACC, ada banyak faktor untuk saat ini yang menyebabkan anak jaman sekarang lebih cepat menstruasi dibandingkan jaman dahulu .

"Hal pertama yang mendasar biasanya dikarenakan Evolusi Manusia makin matang dan cepat. Kita lihat sendiri tuh jaman dahulu biasanya banyak kematian yang dialami pada usia 90, makin kesini ada yang usia 70 dan 50 sudah meninggal," Ujar Elizabeth. 

Biasanya evolusi manusia ini dikarenakan makanan yang dikonsumsinya saat ini.

"Dulu kan makanan lebih sehat tuh, sekarang makanan lebih ada yang disuntik hormon lah dan segala macam," ujarnya

Dalam hal ini, makanan yang mengandung steroid.

Steroid biasa digunakan dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan agar lebih cepat pada hewan ternak, seperti sapi, kambing, domba, dan ayam .

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Cornell University, anak yang sering mengonsumsi daging ayam atau sapi yang sebelumnya disuntik hormon, memiliki peluang mengalami menstruasi dini lebih tinggi.