Sungguh Keren! Ternyata Menjadi Seorang Mom Membuat Otak Berubah

By David Togatorop, Rabu, 20 Desember 2017 | 10:32 WIB
()

Nakita.id - Moms, ternyata ada efek jangka panjang bagi otak perempuan setelah melahirkan dan menjadi seorang Mom.

Para peneliti menemukan adanya materi abu-abu dalam jaringan otak Moms yang mengoptimalkan fungsi dan menggabungkan diri untuk membantu memenuhi kebutuhan bayi.

Efek ini berlangsung setidaknya selama dua tahun.

Penelitian yang dilakukan selama kurang lebih lima tahun itu melibatkan 25 moms dengan memindai otak sebelum dan sesudah kehamilan.

Hal ini juga dilakukan pada 19 laki-laki yang menjadi suami mereka.

BACA JUGA: Akurat! Begini Cara Mudah Mendeteksi Kehamilan dengan Pasta Gigi

Dalam sebuah kelompok juga, dilakukan pengamatan terhadap otak 20 perempuan menikah yang belum pernah hamil dengan 17 orang pasangan mereka.

Hasilnya, ada perbedaan yang jelas antara perempuan yang baru pertama kali menjadi Moms  berikut pasangannya dibandingkan dengan partisipan yang lain.

Materi abu-abu yang ada pada otak para moms di korteks frontial dan posterior mengalami pengurangan, di samping korteks prefrontal dan temporal.

Daerah otak ini ternyata terlibat dengan proses sosial seperti perasaan empati dan kemampuan untuk memahami orang lain, yang kadang disebut sebagai ‘teori pikiran’.

Pengurangan volume materi abu-abu terdengar tidak sehat, tapi pengurangan volume itu memang sebagai cara otak melakukan pengaturan.

Tidak ada kaitan antara fungsi kognitif atau ingatan yang ikut menurun.