Langsing Cepat dan Sehat dengan Berpuasa

By Ipoel , Selasa, 7 Juni 2016 | 06:17 WIB
Langsing Cepat dan Sehat dengan Berpuasa (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Sejatinya tujuan utama berpuasa adalah ibadah. Meski begitu, puasa juga bermanfaat untuk kesehatan juga tepat bagi Mama yang ingin melangsingkan tubuh. Sebab, selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan kalori, hingga waktunya berbuka. Belum lagi serangkaian ibadah malam yang menguras energi. Bila dikelola dengan baik, Mama dapat langsing dengan cepat dan sehat selama berpuasa di bulan Ramadan. Berikut rahasia langsing cepat dan sehat dengan berpuasa:

1. Jangan Lupa Waktu Sahur

Jangan mentang-mentang ingin langsing, Mama lupa sahur. Selain ibadah, sahur juga bermanfaat sebagai sumber energi untuk beraktivitas selama berpuasa, sehingga Mama tidak lemas di siang hari. Yang lebih baik lagi, dengan bersantap sahur, Mama terhindar dari makan berlebihan di saat berbuka puasa. Ingat, di saat lapar mencapai puncak, Mama akan mengonsumsi apa pun agar perut segera kenyang. Agar tidak tergesa-gesa, sahurlah tepat waktu, sehingga Mama masih bisa memilih dan mengolah makanan sehat. Pilihlah menu sahur yang tepat, yang terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan juga mineral. Pastikan juga Mama banyak mengonsumsi makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran. Dengan begitu, selain membuat Mama kenyang lebih lama, makanan berserat juga membuat Mama cepat ramping.

2. Jangan Langsung Tidur Usai Bersantap Sahur

Ingat, lambung membutuhkan waktu untuk melakukan proses pencernaan. Selain mengganggu pencernaan, kebiasaan ini tidak memberikan kesempatan pada tubuh untuk membakar kalori lebih banyak dari makanan yang diasup.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Pastikan Mama mendapatkam asupan air putih yang cukup. Dengan konsumsi banyak air putih akan lebih efektif untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Air putih juga membantu tubuh agar tidak makan berlebihan. Untuk berbuka sebaiknya awali dengan meminum air putih lalu konsumsi buah kurma atau buah secukupnya.

4. Hindari Minum Minuman Manis Berlebihan Saat Buka Puasa

Memang, mengonsumsi minuman manis saat berbuka saat menyegarkan. Tapi kalau itu dilakukan secara berlebihan seusai berbuka puasa, bukannya badan langsing yang didapat, tubuh Mama malah akan semakin gemuk. Usahakan juga Mama mengonsumsi minuman hangat ketimbang minuman dingin agar lambung terasa lebih nyaman.

5. Kurangi Juga Makan Makanan Manis Selama Puasa di Bulan Ramadan

Salah satu hambatan penurunan berat badan saat berpuasa adalah menu makanan manis yang biasanya dihidangkan di atas meja makan saat berbuka puasa. Makanan manis memang menggiurkan, tapi sebaiknya kamu hindari makanan ini agar diet sehat bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Cara diet di bulan puasa yang baik adalah mengonsumsi menu buka puasa yang sehat. Kamu bisa memlihi kurma sebagai pembatal puasamu. Cukup satu kurma saja, karena kurma mengandung gula yang cukup tinggi.

Makanan manis cepat membuat berat badanmu naik. Kamu bisa atur pola makanmu selama 30 hari puasa. Cukup satu menu yang manis setiap harinya. Misalnya hari Senin kamu ingin berbuka dengan kolak pisang, Selasa dengan teh manis, Rabu dengan cookies, Kamis dengan kurma dan seterunya.