Ini Moms, Panduan Sarapan Bergizi Pengusir Morning Sickness!

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 23 April 2018 | 20:15 WIB
Sarapan dengan sereal dicampur buah segar, salad buah atau sayur, bisa menjadi asupan energi kala mual muntah akibat morning sickness datang. (Fit Pregnancy)

 

Nakita.id.- Wajar memang bila di trimester pertama, Moms hamil mengalami morning sickness yang membuat Moms  enggan sarapan.

Tetapi, sebaiknya morning sickness jangan sampai membuat Moms  menghindari sarapan.

Sebabnya, sarapan memiliki banyak manfaat, baik bagi Moms hamil maupun janin. Bisa dibilang, sarapan adalah waktu makan yang sangat penting karena dapat mengontrol pola makan sepanjang hari.

Apalagi untuk Moms hamil yang kerap mengalami mood swing, melewatkan sarapan malah akan membuat mood Moms hamil semakin buruk. 

BACA JUGA: Jangan Sikat Gigi Setelah Alami Morning Sickness, Bisa Berbahaya!

Bila rasa mual dan muntah yang Moms  alami sudah berlebihan dan mengganggu waktu sarapan, sebaiknya Moms memeriksakan kesehatan terlebih dahulu.

Bisa saja mual dan muntah tersebut disertai kekurangan gizi, seperti anemia, kekurangan vitamin B6, atau gangguan penyakit lain, semisal mag.

Nah, setelah memeriksakan diri dan diketahui masalahnya, maka gangguan gizi dan kesehatan tersebut bisa segera diatasi sehingga Moms  bisa kembali sarapan dengan normal tanpa rasa mual yang berlebihan.

Menurut Prof. Dr. Hardinsyah, MS, Guru Besar Ilmu Gizi di Departemen Gizi FEMA IPB Bogor sekaligus Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia,

jika morning sickness masih dirasakan wajar dan normal, Moms  bisa menyiasatinya dengan sarapan bertahap.

Dimulai sedikit demi sedikit sejak bangun tidur hingga jam 9 pagi. Waktu sarapan yang baik itu adalah sebelum kita beraktivitas, semisal sebelum bekerja, biasanya sebelum jam 9.