Senam Bayi Ekstrim. Jangan Ditiru. Risikonya Cacat dan Meninggal

By Gazali Solahuddin, Rabu, 20 Desember 2017 | 11:50 WIB
Senam bayi super ekstrim ()

Nakita.id- Saat menerima WhatApp dari grup teman kampus, langsung klik karena judulnya menarik dan videonya tentang senam bayi.

Tapi saat diplay langsung napas ini berhenti beberapa detik saking kaget dan takut.

Apa yang dilihat diluar nalar. Bayi diputar-putar, dijungkir balikan layaknya atlet senam saat sedang beraksi di arena.

Dalam video yang berdurasi 35 detik tersebut diperlihatkan dengan jelas sekali, permulaan senam bayi oleh si wanita digantung dengan cara memegang kedua kakinya, kepala bayi berada di bawah tanpa ada penyangga apapun alias menjuntai begitu saja.

Lalu kaki bayi oleh kedua tangan si wanita digerak-gerakan seperi orang berjalan.

Setelah itu bayi diangkat oleh si wanita dan didudukan dengan posisi mengangkang di kedua lengan si wanita, persis di depan dadanya. Posisi bayi membelakangi si wanita. Lalu kedua tangan si wanita menggenggam kedua tangan bayi.

Sejurus kemudian bayi dicondongkan ke depan sehingga salto sambil kedua tangan bayi diangkat ke atas, dan posisi bayi menggantung. Kali ini dengan posisi kepala di atas dan tangan menjulur ke atas digenggam oleh si wanita.

Tak sampai disitu. Si wanita tersebut menggerakan kedua tangan bayi ke samping dengan cepat. Sehingga bayi yang menggantung tadi loncat-loncat ke atas, lalu mengayun-ngayun bayi ke samping kanan dan kiri dengan cepat.

Entah apa tujuan dari senam super ekstrim seperti ini, yang jelas salah mengayun bayi saja bisa fatal akibatnya. Karena bisa memicu terjadinya shaken baby syndrome.

Apa itu Shaken Baby Syndrome (SBS)?

Menurut Centers of Disease Control and Prevention, SBS adalah bentuk trauma keras pada kepala (abusive head trauma), dan bentuk luka traumatik pada otak yang diakibatkan oleh orang lain secara sengaja (inflicted traumatic brain injury).