Yuk Moms Ketahui, Berapa Lama Seseorang yang Terinfeksi Virus Corona Aman Untuk Dinyatakan Sembuh?

By Ine Yulita Sari, Selasa, 7 April 2020 | 19:23 WIB
Ilustrasi virus corona. (Freepik.com)

Nakita.id - Penyebaran virus corona memang sudah mulai diminimalisir pemerintah sejak beberapa minggu lalu.

Namun, jumlah kasus virus corona sampai dengan hari ini Selasa (07/04/2020) telah mencapai angka lebih dari 1,3 juta.

Adapun jumlah kematian yang terkonfirmasi adalah sebanyak 74.782 kematian. Meski demikian, jumlah pasien yang sembuh juga terus bertambah.

Baca Juga: Berikut Langkah yang Harus Dilakukan Menurut Dokter Reisa Broto Asmoro, Ketika Membeli Makanan dari Luar Rumah di Tengah Wabah Virus Corona

Saat ini, belum ada penjelasan dari WHO terkait waktu yang pasti untuk seorang pasien dinyatakan sembuh setelah terinfeksi virus corona. 

Meski demikian, dikutip dari Kompas.com yang melansir dari Gulf News, seorang dokter di Dubai mengatakan waktu yang diperlukan bagi seseorang untuk pulih tergantung pada keparahan, gejala, usia dan kondisi medis lain dari pasien.

Baca Juga: Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Sepupu Raffi Ahmad Ungkap Ketakutan Terdalamnya Hingga Mengaku Tak Ingin Menggunakan Tongkat, Ada Apa?

“Dari apa yang kita ketahui sejauh ini, beberapa menganggapnya ringan, beberapa menjadi lebih buruk. Tidak ada waktu yang pasti di mana pasien pulih setelah tertular infeksi.

Mungkin hanya tujuh hari, tetapi juga bisa berlangsung selama lebih dari sebulan, tergantung pada bagaimana penyakit berkembang," ujar Dr Mona Hegazi, Konsultan Kedokteran Keluarga di Rumah Sakit Mediclinic City di Dubai.