Makin Lengket dengan Si Kecil, 10 Ide Luar Biasa Ini Bisa Dicontoh Dad

By Anisyah Kusumawati, Rabu, 20 Desember 2017 | 20:43 WIB
()

Nakita.id - Kesibukan yang padat terkadang membuat Dads harus 'curi-curi' waktu untuk bisa dekat dengan si Kecil.

Selain bisa mengeratkan bonding atau ikatan antara ayah dan anak, kedekatan pun memberi manfaat tersendiri bagi si Kecil.

"Kenangan yang orangtua buat bersama akan menopang, memberdayakan, dan mendorong anak" ujar Sandra Hassink, M.D., mantan presiden American Academy of Pediatrics.

BACA JUGA : Dads Perlu Meniru Pola Asuh Ala Rio Dewanto, Ini 10 Manfaatnya!

Menurut Gottman dan De Claire, keterlibatan ayah juga akan membantu mengembangkan kemampuan anak untuk berempati, bersikap penuh perhatian, serta berhubungan sosial dengan lebih baik.

Nah Dads, berikut ide-ide yang dapat dipraktikan agar semakin lekat dengan si Kecil

1. Sentuh si Kecil setiap kali ada kesempatan

Mengusap pipi, memberi pelukan, dan membelai rambut sebaiknya selalu dads lakukan pada setiap kesempatan. Khusus bagi anak yang masih bayi, para ahli percaya bahwa dengan begitu si kecil akan tahu bahwa dads selalu hadir disampingnya.

2. Sentuhan kulit dengan kulit

Bila anak masih bayi, cobalah untuk membaringkan si Kecil di perut atau dada tanpa busana pada beberapa kesempatan. Lakukan beberapa menit, rasakan detak jantung Dads dengan si Kecil.

3. Berpura-pura menjadi cermin

Ketika anak melakukan sesuatu seperti menjulurkan lidahnya atau tertawa, tirulah ia. Si Kecil akan merasa senang dengan permainan ini.