Pantang Menyerah, Ibu Ini Bagikan Kisah Perjuangannya Melawan 2 Kanker

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Kamis, 26 April 2018 | 12:27 WIB
Bincang Nakita.id dengan Ibu Elly, salah satu survivor kanker Rabu (25/4) (Erinintyani Shabrina)

 

Nakita.id - Walaupun sudah menjalani pola hidup sehat, tak menutup kemungkinan penyakit akan menyerang pertahanan tubuh kita.

BACA JUGA: Koleksi Boneka Chacha Frederica Bikin Sarah Sechan dan Mumuk Merinding

Ditemui oleh Nakita.id dalam Diskusi Media "Vaksinasi HPV Dini Selamatkan Generasi Penerus Bangsa", Rabu (25/4) seorang survivor kanker ibu Sumbangsih Elly Mawati membagikan kisahnya berjuang melawan kanker.

Dibalik sosoknya yang terlihat ceria dan kuat, Ibu Elly ternyata mengidap kanker serviks dan kanker kolorektal dalam waktu hampir bersamaan.

Saat menginjak usia 48 tahun pada 2015, Ibu Elly didiagnosis terkena kanker usus besar stadium 2.

Kemudian, 6 bulan setelahnya saat sedang menjalani terapi penyembuhan ia kembali didiagnosa dokter menderita kanker serviks.

BACA JUGA: Kabar Gembira Buat Moms, Estrogen Cegah Kanker Usus Besar!

"Sejujunya saya agak kaget ya karena saya orang yang rajin pap smear setiap tahun dan hasilnya selalu dinyatakan bersih, selain itu juga keluarga enggak ada genetik kanker." Papar Elly.

Bahkan dokter sampai bilang, lanjut Elly, ini adalah hal yang sangat jarang terjadi dimana dalam kurun waktu satu tahun dirinya dinyatakan terkena 2 jenis kanker sekaligus.

Elly menceritakan, sebelum didiagnosis terkena kanker usus besar dirinya tidak mengalami gejala umum seperti sakit perut atau sembelit.

BACA JUGA: Lezat, Tapi Deretan Makanan ini Bisa Bikin Sembelit, Nomor 2 Favorit!

Lalu kecurigaannya timbul ketika dirinya mengetahui adanya benjolan di perut. Setelah  memeriksakan diri ke internis, saat itulah dirinya dinyatakan dokter terdapat kanker dalam usus.