Ini yang Harus Disiapkan Orangtua Supaya Si Kecil Siap Masuk TK

By Yoan A.D. Nayoan, Selasa, 15 Mei 2018 | 12:30 WIB
Orangtua juga harus mempersiapkan diri saat anak mulai masuk sekolah. (pixabay.com)

Nakita.id - Moms, supaya Si Kecil siap masuk TK, hal utama yang harus diperhatikan, orangtua perlu memahami karakteristik dan kebutuhan anak dalam aspek perkembangan moral, fisik, bahasa, kognitif, sosial emosional, serta kreativitas.

BACA JUGA : Si Kecil Mau Masuk Sekolah? 4 Hal Ini Tak Boleh Luput Disiapkan!

Dengan begitu, orangtua dapat memberikan stimulasi tepat, yaitu:

a. Bahasa

Ini adalah kemampuan untuk mengembangkan kemampuan memahami informasi verbal dan mengungkapkan pikiran dengan kata-kata yang tepat, orangtua dapat mengajak anak berbicara/ mengobrol, membacakan cerita, merangkai cerita, bermain tebak kata, bermain peran dengan dialog, memperdengarkan lagu anak-anak, dan lain sebagainya.

b. Logika Matematika

Ini stimulasi untuk mengasah kemampuan menganalisis masalah secara logis dan menemukan pola matematika, antara lain dengan bermain pasel, mengenai bentuk-bentuk geometri, memperkenalkan bilangan melalui sajak berirama dan lagu, serta berdiskusi tentang hubungan sebab-akibat.

BACA JUGA : Tak Disangka, Ternyata Anak-anak di Jepang Harus Memiliki 10 Poin Penting Ini Sebelum Masuk Sekolah

c. Visual Spasial

Agar anak terampil membayangkan bentuk-bentuk geometri atau tiga dimensi, ajak Si Kecil melakukan aktivitas mencorat-coret, menggambar, melukis, membuat prakarya, menyusun balok, mengunjungi museum, dan lainnya.

d. Gerak/Motorik

Termasuk di dalamnya adalah keterampilan mengontrol gerakan, keseimbangan, dan tangkas dalam bergerak, dapat distimulasi dengan latihan menggenggam, melempar, melompat, memanjat, berlari, berjinjit di atas satu kaki, berjalan di titian, menari, dan sebagainya.

BACA JUGA :Tak Hanya Akte, Catatan Imunisasi Anak Akan jadi Syarat Masuk Sekolah