Rangkuman Dokumenter Gerabah Ouw Sempe Balanga, Asal-usul Kerajinan Favorit Wisatawan Mancanegara

By Ratnaningtyas Winahyu, Sabtu, 25 April 2020 | 12:47 WIB
Rangkuman Dokumenter Gerabah Ouw Sempe Balanga (Kompas.com/Ricky Martin )

Nakita.id – Jangan panik dulu jika tak sempat menonton, berikut Rangkuman Dokumenter Gerabah Ouw Sempe Balanga yang tayang di TVRI, Sabtu (25/4/2020).

Mengingat wabah virus corona masih menyerang Indonesia, pemerintah lantas memutuskan untuk meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Untuk memudahkan para siswa belajar di rumah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun menghadirkan berbagai materi program belajar.

Salah satu yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA/SMK sederajat pada Sabtu (25/4/2020) ini adalah tentang Dokumenter Gerabah Ouw Sempe Balanga.

Baca Juga: Asal Usul dan Cara Membuat Perahu Pinisi, Mulai dari Pembuatan Tanpa Paku hingga Ritual Khusus

Melansir dari Tribun Pontianak, Saparua merupakan sebuah pulau di Maluku Tengah.

Pulau kecil ini sekaligus sebagai kecamatan yang memiliki tujuh buah negeri, salah satunya adalah Ouw, yang masuk ke dalam Kecamatan Saparua Timur.

Bukan tanpa alasan pulau ini disebut Negeri, sebab pada pulau tersebut terdapat desa adat yang dipimpin oleh raja yang kedudukannya sama seperti kepala desa.

Ouw merupakan negeri paling terakhir di Pulau Saparua.

Baca Juga: Materi dari Siasat Seni dan Industri Kreatif Menghadapi Pandemi Episode 1 TVRI, Ternyata Wabah Corona Membawa Sisi Positif Tersendiri untuk Para Pelaku Seni