Muncul Banyak Obat Alternatif Disebut Sebagai Penangkal Virus Corona, Ahli dari UGM Beri Imbauan Penting Ini

By Riska Yulyana Damayanti, Kamis, 30 April 2020 | 16:00 WIB
Ilustrasi virus corona (Freepik.com)

Nakita.id - Banyak orang mencari cara agar tak terinfeksi virus corona.

Disebut jika kekebalan tubuh baik, maka Covid-19 bisa saja mati dengan sendirinya.

Namun, Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Zullies Ikawati meminta masyarakat untuk lebih bijaksana dalam menggunakan obat alternatif atau herbal untuk mencegah Covid-19.

“Selama pandemi Covid-19 banyak bermunculan obat-obat alternatif yang diklaim bisa mengatasi virus ini. Namun, masyarakat perlu lebih cermat dan bijak dalam memilih produk-produk alternatif di pasaran,” kata Prof. Zullies seperti dikutip dari laman UGM.

Baca Juga: Kabar Vaksin Covid-19 yang Berhasil Diuji Coba Mulai Bermunculan, Ternyata Justru Begini Tanggapan yang Tak Disangka dari dr. Tirta, 'Tidak Bisa Mencukupi'

Ketua Program Studi Magister Farmasi Klinik UGM ini mengatakan kemunculan sejumlah produk ini berawal dari keprihatinan belum adanya obat-obatan untuk Covid-19 yang benar-benar direkomendasikan.

Meskipun demikian, sebagian besar produk alternatif yang ada belum memiliki bukti ilmiah mampu mengatasi Covid-19. Bahkan, sulit diterima dengan logika ilmiah.

Meskipun ada bukti kesembuhan, dia menyebutkan bahwa hal tersebut berasal dari testimoni segelintir orang saja.

Dengan begitu, masih sangat kurang untuk mendukung kemanjuran obat-obat tersebut.

Baca Juga: Kabar Baik Bagi Dunia, Seorang Ahli Berani Sebut Vaksin Virus Corona Siap di Bulan September Tapi Baru Diberikan pada Sosok Ini