Masalah Corona Belum Selesai, ABK Asal Indonesia Harus Terima Perlakuan Keji Dari Warga China, Mulai Dari Minum Air Laut Sampai Jenazah Dibuang Ke Laut

By Gabriela Stefani, Kamis, 7 Mei 2020 | 08:45 WIB
Youtuer Korea, Jang Hansol ungkapkan kasus ABK asal Indonesia di kapal China (Tangkapan layar Youtube/Korea Roemit)

Nakita.id - Di tengah kekhawatiran virus corona di tengah masyarakat, Indonesia kembali diterpa kabar mengenaskan.

Kabar menyedihkan sekaligus mengenaskan tersebut terjadi pada Anak Buah Kapal (ABK) yang bekerjadi sebuah kapal China.

Pasalnya ABK yang meninggal jenazahnya dilempar ke tengah laut hingga menjadi sorotan media Korea Selatan.

Video yang dirilis oleh stasiun MBC itu diulas oleh YouTuber Jang Hansol di kanalnya, Korea Reomit, pada Rabu waktu setempat (6/5/2020).

Baca Juga: Nasib Rakyatnya Jadi Prioritas Utama, Khofifah Indar Parawansa Pakai Kapal Perang Demi Salurkan Bantuan di Tengah Wabah Corona, 'Semoga Dapat Dimanfaatkan...'

Dalam video itu, kanal MBC memberikan tajuk "Eksklusif, 18 jam sehari kerja. Jika jatuh sakit dan meninggal, lempar ke laut".

"Video yang akan kita lihat habis ini adalah kenyataan pelanggaran HAM orang Indonesia yang bekerja di kapal China," ujar Hansol menirukan penyiar tersebut.

Dalam video itu, disebutkan MBC mendapatkan rekaman itu setelah kapal tersebut kebetulan tengah bersandar di Pelabuhan Busan.

Berdasarkan terjemahan yang disampaikan oleh Hansol, orang-orang Indonesia itu meminta bantuan kepada pemerintah Korea Selatan dan media setempat.