Tak Hanya 1 Orang, Nyawa ABK asal Indonesia yang Jasadnya Dibuang ke Laut Dihargai 150 Juta, 'Kematiannya Langsung Dibuang Seperti Ini'

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Kamis, 7 Mei 2020 | 14:25 WIB
Sebuah tangkapan layar dari video yang dipublikasikan media Korea Selatan MBC memperlihatkan, eorang awak kapal tengah menggoyang sesuatu seperti dupa di depan kotak yang sudah dibungkus kain berwarna oranye. Disebutkan bahwa kotak tersebut merupakan jenazah ABK asal Indonesia yang dibuang ke tengah ((MBC/Screengrab from YouTube))

Nakita.id - Belakangan ini, video kontroversi yang diviralkan oleh youtuber asal Korea Selatan, Jang Hansol mencuri perhatian publik.

Di tengah pandemi corona yang marak di berbagai belahan bumi, rupanya ada pelanggaran HAM yang hampir tak terekspos.

Media Korea Selatan tengah dihebohkan soal adanya kabar pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) pada Anak Buah Kapal (ABK) di Kapal China.

Baca Juga: Buat Masyarakat Ngamuk, Begini Penjelasan Kemlu dan Kapten Kapal Soal Pembuangan Jenazah ABK ke Laut

Hal tersebut lantas ikut viral di Indonesia setelah dibahas oleh YouTuber asal Korea Selatan, Jang Hansol melalui channel YouTubenya Korean Reomit yang tayang pada Rabu (6/7/2020).

Youtuer Korea, Jang Hansol ungkapkan kasus ABK asal Indonesia di kapal China

Dalam video yang menampilkan Jang Hansol tengah membacakan berita dari MBC itu, tampak ada Surat Pernyataan tertulis yang harus ditanda-tangani ABK sebelum bergabung dengan Kapal China.

Mulanya, Hansol menceritakan bagaimana ada kantong mayat berwarna oranye hendak diceburkan ke laut.