Hilangkan Handicap Saat hamil. Mama Hamil Tetap Aktif dan Produktif

By Gazali Solahuddin, Minggu, 24 Desember 2017 | 22:12 WIB
Tidak ada batasan untuk iu hamil. Selama tahu trik melakukannya dan tidak membahayakan ()

nakita.id - Kita tentu sepakat, kehamilan adalah sesuatu yang normal, juga bukan masa penderitaan.

Tapi tidak bisa dipungkiri, seiring bertambahnya usia kehamilan ibu hamil kerap kali salah tingkah. Maksudnya, saat hamil ibu kerap mengalami kesulitan, tak terkecuali yang umum, seperti halnya; duduk, tidur, berdiri, naik tangga, jongkok, bangun dari tidur, berdiri dari posisi duduk dan jongkok, hingga saat bekerja.

Baca juga: Ingin Hamil Anak Laki-Laki? Coba Tips Berhubungan Seks Ini. Buktikan!

Nah, berikut ini adalah tips-tips nyaman beraktivitas bagi ibu hamil dari Lisa Namuri, seorang instruktur kebugaran bersertifikat nasional dan internasional dari Lisa’s House, juga penulis buku pilates bagi ibu hamil, yang bisa kita ikuti:

1. Duduk di kursi dan di lantai

- Utama, hindari duduk di permukaan keras. Sebab tulang ekor ibu hamil mengalami perubahan posisi menjadi lebih menjorok keluar. Jadi gunakan bantal jika diperlukan.

- Jika duduk di lantai atau bukan di kursi, sebisa mungkin hindari melipat kaki terlalu lama, sering-seringlah mengubah posisi kaki saat duduk. Hal ini dimaksudkan supaya tidak kram. Baiknya jika duduk dalam posisi ini, ibu bersandar, dan kaki diluruskan ke depan (selonjoran).

2. Bangun dari duduk di kursi dan di lantai.

Melakukan hal ini memang tidak mudah bagi ibu hamil, apalagi ibu hamil besar. Untuk itu saat bangun, pertama siapkan keyakinan bahwa ibu bisa dengan mudah melakukannya, kedua ibu yakin kuat melakukannya.

Saat akan berdiri gunakan bantuan tangan untuk bertumpu. Pastikan telapak kaki menginjak lantai dengan kuat agar tidak terpeleset. Jika ibu tidak kuat, lebih baik minta bantuan orang lain.

3. Posisi berdiri nyaman bagi ibu hamil.