Riset: Orang Menikah Lebih Puas Menjalani Hidup Ketimbang Melajang

By Fairiza Insani Zatika, Senin, 25 Desember 2017 | 11:38 WIB
Orang yang menikah lebih puas dengan kehidupan daripada mereka yang melajang ()

Nakita.id – Orang yang telah menikah memiliki banyak alasa untuk dibanggakan.

Mereka tak hanya dapat berbagi penghasilan, berbagi kasih sayang, berbagi masalah kehidupan, dan tidak takut kesepian dan sendirian hingga akhir hidup.

Namun, masih ada juga orang yang merasa nyaman dengan kesendirian mereka dan memutuskan melajang.

Melansir situs Independent, sebuah studi baru mengungkapkan bahwa individu yang mengikat hubungan dengan pasangannya dalam pernikahan lebih sejahtera dan puas dalam menjalani seluruh kehidupan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Happiness Studies, peneliti mengumpulkan data dari dua survei di Inggris untuk menganalisis manfaat pernikahan.

Baca juga: Orang Kelebihan Berat Badan Cenderung Lebih Bahagia? Ini Penjelasannya!

Shawn Grover dan John Helliwell dari Vancouver School of Economics di Kanada melihat hasil dari British Household Panel Survey.

Mereka mengumpulkan data dari 30.000 orang antara tahun 1991 dan 2009 di Inggris, untuk mengetahui bagaimana kepuasan hidup secara keseluruhan diukur.

Grover dan Helliwell juga melihat survei kependudukan tahunan antara tahun 2011 dan 2013, yang menyediakan data 328.000 orang di Inggris.

Mereka melihat perbedaan antara tingkat kepuasan hidup pada orang yang telah menikah dan belum menikah.

Setelah melakukan pemeriksaan cermat terhadap kelompok-kelompok tersebut, periset menemukan bahwa pernikahan dapat secara signifikan meningkatkan kepuasan hidup, terutama bagi mereka yang berusia lanjut.

Baca juga: Cara Mudah Membahagiakan Moms. Dads, Maukah Melakukannya Malam Ini?