Kabar Baik! Upayakan Tambahan Dana dan Percepat Pengembangan, WHO Kembangkan 7 Sampai 8 Vaksin Potensial untuk Virus Corona

By Ine Yulita Sari, Rabu, 13 Mei 2020 | 15:15 WIB
WHO Sebut Ada 7 hingga 8 Vaksin Potensial untuk Virus Corona (Freepik.com)

Nakita.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan timnya sedang mempercepat kerja untuk menghasilkan vaksin untuk virus corona.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan percepatan sedang diupayakan melalui dana penelitian tambahan.

WHO menyebut bahwa ada sekitar 7 atau 8 kandidat "top" atau teratas vaksin untuk melawan virus corona.

Baca Juga: Di Indonesia Sudah Tembus Angka 14 Ribu Kasus, WHO Malah Sebut Vaksin Corona Tidak Akan Tersedia Sampai Akhir 2021, 'Kecil Kemungkinannya'

Dalam sebuah video briefing kepada UN Economic and Social Council, Direktur Jenderal WHO Tedros Ghebreyesus mengatakan bahwa upaya penemuan vaksin ini telah dibantu dengan dana sebesar 7,4 miliar euro atau sekitar 8 miliar dollar AS.

Dana ini dijanjikan seminggu yang lalu oleh para pemimpin dari 40 negara, organisasi dan bank penelitian, perawatan dan pengujian.

Baca Juga: Jika Ningsih Tinampi yang Mengaku Masukkan Corona ke Tubuh, Ibu 2 Anak Ini Justru Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Corona

Namun, ia menambahkan bahwa ada lebih bayak dana yang akan dibutuhkan dalam pengembangan ini.

"Kami memiliki kandidat (vaksin) yang bagus sekarang. Yang teratas sekitar 7,8. Namun, kami memiliki total lebih dari 100 kandidat," kata Tedros sebagaimana dikutip Al Jazeera, Selasa (12/5/2020).