Hati-hati, Sakit Tenggorokan Bisa Sebabkan Kelainan Perilaku pada Anak

By Fairiza Insani Zatika, Selasa, 26 Desember 2017 | 08:54 WIB
Radang tenggorokan bisa berdampak pada perilaku anak ()

Nakita.id – Sakit tenggorokan mungkin kerap dialami oleh Si Kecil ya, Moms. Rasanya sungguh mengganggu. Tak heran kalau Si Kecil jadi rewel.

Kalau Si Kecil mengeluh tenggorokannya sakit, sebaiknya Mama jangan diabaikan. Sebab penyakit ini mungkin bisa membahayakan.

Melansir situs Independent, para ahli memperingatkan. radang tenggorokan biasanya diobati dengan menggunakan antibiotik, akan tetapi, untuk sejumlah kecil pasien, hal itu dapat menyebabkan kelainan perilaku aneh seperti amukan, gangguan obsessive-compulsive disorder (OCD) dan bahkan tics.

Baca juga: 4 Hal yang Sering Dilakukan Moms ini Dapat Sebabkan Kelainan Kaki Bayi

Tics merupakan perilaku-perilaku di mana penderita melakukan serangkaian gerakan berulang yang tidak disengaja, di luar kendali, dan bersifat tiba-tiba.

Untuk Moms ketahui, radang tenggorokan dikenal sebagai faringitis streptokokus, infeksi yang memengaruhi bagian belakang tenggorokan yang menyebabkan rasa sakit, kelenjar bengkak dan ketidaknyamanan saat menelan.

Radang tenggorokan dapat berkembang menjadi batuk dan bersin.

Beberapa orang yang terkena infeksi radang tenggorokan mungkin akan sembuh, namun hal ini juga memiliki risiko dapat menyebabkan komplikasi langka yang menyerang otak.

Sebuah keluarga yang terkena dampak kondisi tersebut mengungkapkan bahwa anak mereka, Brandon, tiba-tiba perilakunya berubah.

Brandon, yang berusia lima setengah tahun, merupakan anak yang periang tapi berubah menjadi sangat pemarah dan menunjukkan tanda-tanda melemahkan OCD.

Dokter mengatakan bahwa pergeseran perilaku anak laki-laki itu adalah hasil dari komplikasi yang disebut infeksi PANDAS (Pediatric Autoimmune Neuropsychiatric Disorder Associated with Streptococcal).

Baca juga: Yuk Mengenal Pertambahan Berat Badan Bayi dari Bulan ke Bulan