Siap Bangkitkan Sektor Pariwisata, 7 Negara di Dunia Ini Akan Buka Kembali Kunjungan untuk Turis, Indonesia Salah Satunya?

By Ine Yulita Sari, Sabtu, 6 Juni 2020 | 17:30 WIB
7 Negara di Dunia yang Akan Buka Pariwisata, Indonesia Salah Satunya? (Freepik.com)

Nakita.id - Pembatasan perjalanan selama lebih kurang tiga bulan ke belakang untuk menekan penyebaran virus corona telah memukul industri pariwisata dunia.

Kini, menyonsong era new normal atau kenormalan baru, sejumlah negara berencana membuka kembali destinasi wisatanya.

Seiring dengan itu, tempat wisata juga dibuka di beberapa negara. Awal bulan Juni, Uni Eropa meluncurkan rencana membuka kembali perbatasan internalnya di waktu musim panas.

Baca Juga: Siap Pulih dari Keterpurukan Akibat Virus Corona, Vietnam Sudah Berani Buka Tempat Wisata Bagi Wisatawan Domestik

Sementara itu negara-negara seperti Estonia, Latvia dan Lithuania telah membentuk "travel bubbles", yang mengangkat pembatasan bagi warga negara masing-masing.

Sejumlah pulau Karibia sedang bersiap untuk membuka pintu bagi pengunjung asing pada Juni ini.

Sementara negara seperti Meksiko dan Thailand berencana untuk membuka kembali wilayah demi wilayah dalam beberapa minggu mendatang.

Berikut ini beberapa negara di dunia yang telah dan akan membuka pariwisatanya dikutip dari Kompas.com menurut CNN Travel, Kamis (4/6/2020).

1. Siprus

Baca Juga: Aktif Jadi Aktivis Pecinta Lingkungan, Leonardo DiCaprio Dilirik Jadi Calon Duta Pariwisata Labuan Bajo

Siprus sangat ingin mendapatkan industri pariwisata kembali ke jalurnya. Pemerintah Siprus bahkan menanggung biaya para wisatawan.

Biaya untuk penginapan, makanan, minuman, dan obat-obatan akan diberikan kepada wisatawan yang terkena virus corona atau Covid-19 selama kunjungan mereka ke Siprus.

Pejabat juga telah menetapkan rumah sakit dengan 100 tempat tidur untuk wisatawan asing yang hasil tesnya positif.