Menggunakan Sarung Tangan Saat Berbelanja di Tengah Pandemi Ternyata Malah Membahayakan Banyak Orang Banyak, Ini Alasannya

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 16 Juni 2020 | 14:21 WIB
Bahaya menggunakan sarung tangan saat belanja (Freepik.com)

Nakita.id - Banyak orang yang sengaja menggunakan sarung tangan untuk melindungi diri di saat terpaksa belanja di tengah pandemi.

Hal ini nyatanya salah bagi peneliti dan WHO.

Apa alasannya?

Di tengah situasi pandemi virus corona seperti saat ini, kita kerap menjumpai orang-orang mengenakan sarung tangan saat berbelanja ke supermarket, pasar, atau ke toko.

Penggunaan sarung tangan dianggap bisa melindungi diri dari potensi penularan virus corona.

Baca Juga: Dianggap Dapat Melindungi dari Penularan Virus Corona, Ternyata Ada Bahaya dari Penggunaan Sarung Tangan Saat Beraktivitas di Luar Rumah

Benarkah demikian?

Seorang ahli kebersihan mengatakan, memakai sarung tangan bukan cara terbaik untuk itu.

Memakai sarung tangan disebut justru lebih banyak menimbulkan bahaya dibandingkan manfaatnya.

"Apa gunanya sarung tangan? Saat Anda berjalan di sekitar supermarket, Anda bisa dengan mudah menyentuh hidung, mulut, dan mata Anda dengan tangan yang bersarung," kata seorang profesor di London School of Hygiene and Tropical Medicina, Sally Bloomfield, dikutip dari Huffpost, Sabtu (6/6/2020).

Menurut dia, banyak orang berpikir bahwa memakai sarung tangan merupakan satu paket perlindungan dengan menggunakan masker, seperti yang dilakukan petugas kesehatan di rumah sakit.