Catat Status Kesehatan pada Trimester Ketiga Kehamilan Ini!

By Faras Handayani, Rabu, 8 Maret 2017 | 21:30 WIB
Catat Status Kesehatan pada Trimester Ketiga Kehamilan Ini! (Dini)

Nakita.id - Ada rasa deg-degan sekaligus bahagia, saat kehamilan memasuki trimester 3. Sebentar lagi Mama akan segera bersua dengan buah hati. Namun harap dicatat, di trimester 3 ini kunjungan Mama ke dokter akan lebih sering. Dari yang awalnya sebulan sekali, menjadi dua minggu sekali. Bahkan satu bulan menjelang hari H, kontrol perlu dilakukan seminggu sekali.

Di trimester akhir kehamilan, dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan seperti posisi janin, mulut rahim, rongga panggul, juga berat janin. Semua pemeriksaan tersebut diperlukan agar dokter dapat mengetahui status kesehatan pada trimester ketiga kehamilan Mama:

Apakah pertumbuhan janin sesuai? Jika tinggi fundus (puncak perut) tepat dan janin diperkirakan berbobot lebih dari 2.500 g, maka pertumbuhan janin dianggap baik. Jika masih ada keraguan, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan USG menilai berat janin dan jumlah cairan ketuban. Pada bulan terakhir kehamilan, dokter mungkin melakukan pemeriksaan kardiotokografi untuk menilai kesejahteraan janin.

Apakah berat badan Mama sesuai? Seperti pada trimester kedua, dokter akan melakukan tabulasi peningkatan berat badan selama kehamilan. Pada trimester ketiga, kenaikan berat badan idealnya 0,5 kg per minggu. Bagi mama yang justru kehilangan berat badan, akan diminta mengevaluasi pola makan dan pertumbuhan janinnya. Beberapa ibu hamil merasa sulit makan pada trimester ketiga karena perutnya terasa begah. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk makan lebih sering dengan porsi lebih sedikit.

Apakah tekanan darah Mama normal? Hampir 10% dari kehamilan dipersulit oleh hipertensi. Peningkatan tekanan darah ke 140/90 atau meningkat 30 sistolik (angka atas) atau 15 diastolik (angka bawah), bisa menjadi tanda preeklamsia dan perlu dilakukan pengawasan lebih serius, bahkan perawatan rumah sakit.

• Apakah Mama memiliki proteinuria? Protein dalam urine (proteinuria) juga dapat menjadi tanda preeklamsia. Jika ada peningkatan proteinuria signifikan (2+ atau lebih) membutuhkan evaluasi menyeluruh untuk preeklamsia. Jika Mama memiliki proteinuria dan tekanan darah normal, dokter biasanya akan mengevaluasi kembali tekanan darah mama dan kesejahteraan janin setelah 24 jam.

Nah, itulah status kesehatan pada trimester ketiga kehamilan yang perlu Mama ketahui. Jelaskan mengenai ketidaknyamanan apa pun yang Mama alami, seperti kelelahan, kemurungan, atau sakit dan nyeri yang Mama rasakan. Dari situlah dokter akan melihat apakah ketidaknyamanan itu perlu penanganan atau tidak.

Narasumber: Dr. Achmad Irawan, SpOG, dari Brawijaya Women & Children Hospital