Bisa Picu Diabetes, Ahli Bongkar Rahasia di Balik Jajanan Kekinian dan Takaran yang Tepat untuk Konsumsi Gula

By Riska Yulyana Damayanti, Jumat, 17 Juli 2020 | 10:15 WIB
Ilustrasi perempuan konsumsi jajanan kekinian, jika tidak dibatasi bisa meningkatkan risiko diabetes (Freepik.com/ topntp26)

Nakita.id - Semakin berkembangnya zaman, makin banyak bermunculan jajanan kekinian yang nikmat dan menggoda selera.

Jajanan kekinian yang banyak disukai masyarakat seperti minuman dengan campuran susu atau kue-kue dengan bentuk yang lucu.

Namun, perlu diperhatikan, konsumsi jajanan kekinian jika tak terkontrol juga bisa memberikan dampak buruk seperti pemicu diabetes.

Diabetes bisa diibaratkan "induk" dari segala penyakit degeneratif seperti stroke, hipertensi, jantung koroner, hingga disfungsi ereksi.

Baca Juga: Di Balik Jutaan Manfaat, Tak Disangka Ternyata Kayu Manis Bisa Jadi Bumerang Bagi Tubuh Moms Karena Hal Ini

Diabetes bisa dicegah melalui berbagai cara, seperti mengatur pola makan dan olahraga.

"Dulu kita melihat diabetes sebagai faktor turunan. Ternyata tidak. Diabetes juga dipengaruhi lingkungan, bagaimana pola makan, termasuk apakah makanan kita tinggi karbohidrat atau tidak."

Hal itu diungkapkan oleh Dokter spesialis gizi klinik di RSCM, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K) dalam diskusi bertajuk "Gerakan Lawan Diabetes Bersama Dia" di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019).

Baca Juga: Jangan Tergoda! Penderita Diabetes dan Maag Tak Boleh Konsumsi Buah Durian Berlebihan karena Jika Nekat Bisa Terjadi Hal Ini