Lebih Memilih Jadi Influencer Kecantikan Ketimbang Lawyer, Claudia Setyohadi Bakal Sharing Seputar Makeup di Beauty Date 2020!

By Ratnaningtyas Winahyu, Jumat, 17 Juli 2020 | 16:02 WIB
Claudia Setyohadi menjadi salah satu pembicara di Beauty Date 2020 (instagram.com/claudiasetyohadi)

Nakita.id – Tak terasa, Beauty Date 2020 sudah semakin dekat.

Beauty Date 2020 sendiri merupakan program berbasis online hasil kolaborasi dari Female Media Grid Network yang terdiri dari NOVA, Nakita, Grid.ID, CewekBanget.ID dan Stylo Indonesia.

Beauty Date 2020 akan dilangsungkan pada Sabtu dan Minggu, 18-19 Juli 2020, yang mana pada masing-masing hari terdiri dari 3 program berbeda.

Tak perlu khawatir dengan narasumbernya, Moms. Beauty Date 2020 akan menghadirkan pembicara yang memiliki kredibilitas di bidangnya masing-masing.

Salah satunya adalah Claudia Setyohadi, yaitu seorang Influencer dan Founder dari Act Together.

Sebelum berbincang dengan Claudia Setyohadi di Beauty Date 2020, yuk simak profilnya terlebih dahulu.

Baca Juga: Moms Ingin Awet Muda Luar Dalam? Simak Tips Ampuh Merawat Kulit dari dr. Olivia Ong Hanya di Beauty Date 2020!

Dari lawyer menjadi beauty influencer

Claudia Setyohadi adalah alumni dari Universitas Pelita Harapan yang mengambil Program Studi Hukum.

Meski kuliah di jurusan hukum, hal tersebut tidak menghilangkan kecintaan Claudia Setyohadi pada dunia kecantikan.

Kepada Cewekbanget.ID, Claudia pun mengaku mulai bersemangat menekuni dunia kecantikan saat magang untuk tugas akhir di bangku kuliah.

Waktu magangnya selama 4 bulan di sebuah firma hukum pun menjadi titik balik dirinya yang harus memilih antara fokus menjadi lawyer atau seorang beauty influencer.

Merasa tak bisa fokus mengurus keduanya, Claudia akhirnya memilih untuk menjadi beauty influencer.

Baca Juga: Siap Ramaikan Beauty Date 2020, MUA Langganan Sosialita Arie Khayz Bakal Bagikan Tips dan Trik dalam Bermakeup

Tertarik pada makeup sejak kecil

Awal mula Claudia bisa semakin dekat dengan makeup rupanya gara-gara sang mama sering mengajaknya ke salon.

"Pas aku masih SD sering ikut ke salon dan dandani mbak buat main makeup. Pokoknya saat itu mbak udah kayak kanvas aku kalau lagi iseng main makeup," ungkapnya.

Setelah lulus kuliah, Claudia kemudian membuat kanal YouTube-nya sendiri dan mulai membuat tutorial makeup pada tahun 2016.

Karena mendapat feedback yang baik, ia kemudian digandeng oleh Mustika Ratu untuk rutin membuat video tutorial menggunakan brand tersebut.

Sampai akhirnya pada Desember 2018, Mustika Ratu dan Claudia kolaborasi dengan merilis Mustika Ratu Beauty Queen X Claudia Setyohadi: New Year Make Up Palatte Glow The Day Glam The Night.

Baca Juga: Kesibukan sebagai Ibu dan Wanita Karier Rentan Sebabkan Stres, Simak Tips Tetap Cantik dan Awet Muda ala Lifestyle Influencer Putri Wulandari di Beauty Date 2020

Pengin usaha dengan caranya sendiri

Sering kolaborasi dengan brand makeup lama kelamaan membuat Claudia Setyohadi pengin membuat brand makeup-nya sendiri.

Saat ditanya tentang hal ini, ia pun mengaku saat ini masih banyak belajar dan 'mencuri ilmu.'

Kendati demikian, jika nanti sudah siap, Claudia mungkin akan segera merealisasikan brand makeup miliknya sendiri.

Menariknya, sebelum ini, Claudia ternyata sempat menolak tawaran sang mama untuk berkolaborasi membuat brand makeup.

Sang mama dan kakaknya berkolaborasi dengan nama Y&D untuk tea set, coffee set, dan buku ‘The Art of Table Setting’.

Bukan tanpa alasan, Claudia rupanya ingin membuktikan kalau dirinya mampu berdiri sendiri dengan usahanya meskipun terkadang merasa sedikit tertekan.

Baca Juga: Beauty Date 2020: Tak Perlu Kuras Kantong Perawatan di Klinik Kecantikan, Ini Cara Mudah dan Sederhana Cegah Penuaan pada Kulit

Seorang influencer yang aktif di kegiatan sosial

Selain berkutat dengan dunia kecantikan dan makeup, Claudia Setyohadi ternyata juga aktif dalam kegiatan sosial lo, Moms.

Bersama mama dan kakaknya, mereka mendirikan organisasi sosial bernama Act Together.

Organisasi ini berada di bawah YDC Foundation yang merupakan kependekan dari nama mereka bertiga, Yulie Nasution Grillon, Dara Setyohadi, dan Claudia Setyohadi.

Claudia mengatakan jika ia udah aktif berkegiatan sosial sejak masih duduk di bangku SMA.

Lewat organisasi ini, Claudia ingin mengajak anak muda untuk memahami jika donasi tidak melulu dalam bentuk uang, melainkan juga bisa berupa program mengajar.

Adapun proyek kolaborasi yang tengah dijalankan adalah dengan Fayt.

Kolaborasi ini mengeluarkan produk sepatu dimana setiap pembelian satu sepatu sama dengan mendonasikan Rp 50 ribu ke Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa.

Baca Juga: Beauty Date 2020: Kena Imbas dari New Normal, Toko Kosmetik Disebut-sebut Bakal Alami Sejumlah Perubahan Ini, Apa Saja?

Tak hanya mewadahi pengumpulan donasi, yayasan yang diurus oleh Claudia juga terlibat langsung dalam proses penggunaan uang donasi tersebut.

Seperti pembangunan untuk asrama dan kebutuhan sehari-hari dari Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa.

Tidak melupakan pendidikan

Menariknya, meski sibuk dengan kariernya sebagai influencer, Claudia Setyohadi bukan berarti melupakan pendidikannya.

Ia mengaku akan kembali melanjutkan kuliahnya di UPH untuk melanjutkan S2 dengan program bisnis.

Selain itu, Claudia juga seharusnya berangkat ke Harvard University untuk mengambil short course.

Namun karena pandemi Covid-19, rencana tersebut terpaksa ditunda hingga November atau bahkan hingga tahun depan.

Baca Juga: Beauty Date 2020: Mitos atau Fakta, Skincare Bisa Akibatkan Pori-pori Wajah Remaja Membesar? Ini Penjelasannya

Pesan Claudia Setyohadi untuk para perempuan

Sebagai beauty influencer, Claudia Setyohadi ingin memberi pesan untuk para perempuan khususnya remaja yang sedang mengalami pubertas.

"Misal kita jadi jerawatan kalau mengonsumsi produk susu, coba deh buat berhenti seminggu, ada perubahan atau enggak. Intinya kita harus tahu diri kita dulu.

Semua orang mengalami masa-masa ini, jadi jangan berpikir kalau cuma kamu sendiri yang mengalaminya," kata Claudia.

Tak hanya itu, Claudia juga memberi pesan tentang tanggung jawab.

"Kita enggak bisa nyalahin orang lain atau keadaan, itu pilihan kita, jadi kita harus tanggung jawab," ujar Claudia.

Yang kedua adalah tentang konsistensi dalam menjalankan pilihan.

Menurut Claudia, rasa bosan memang tidak dapat dipungkiri, maka dari itu sedari awal menjalankan suatu pilihan diperlukan adanya komitmen.

"Misal kalau aku sendiri, aku punya goal jangka pendek dan jangka panjang.

Kayak seminggu aku harus ada 2 atau 3 video tutorial atau nanti setahun sampai 2 tahun ada kolaborasi lagi," pungkasnya.

Baca Juga: Tak Sulit Tampil Cantik dan Menawan ala Joanna Alexandra, Beauty Date 2020 Akan Memberikan Tips-tips Jitu dalam Bermakeup

Claudia Setyohadi akan bergabung di Beauty Date 2020 pada hari Minggu (19/7/2020) dalam Makeup Day.

Beauty Date 2020

Pada Makeup Day, akan terdapat tiga kelas yang membahas soal New Beauty Normal, Daily Makeup Course, dan Makeup Challenge untuk Stylobebs dan CewekBanget Besties.

Semua program tersebut bisa dinikmati secara gratis di Facebook dan Instagram.

Sedangkan Puberty Skin Treatment dan Regime for Anti-Aging untuk hari Sabtu (18/7/2020), Moms bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu di sini atau via Grid Store.

Dalam acara Beauty Date 2020 nanti, Moms juga bisa lo berdonasi membantu teman-teman penyedia jasa kecantikan yang minim pemasukannya dengan mengklik link ini.

Jika Moms ada pertanyaan, Moms bisa bertanya langsung menghubungi nomor ini: +62882-6963-8615 (no call, WhatsApp only)

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera mendaftar di Beauty Date 2020, Moms!

Baca Juga: Beauty Date 2020: Harus Ekstra Hati-hati Selama Mengandung, Ini 5 Jenis Perawatan Kulit yang Aman untuk Ibu Hamil

Artikel ini telah tayang di CewekBanget.ID dengan judul “Claudia Setyohadi, Influencer di Beauty Date 2020 yang Banting Setir dari Lawyer.