Anak Ogah Mendengarkan Saat Diberi Nasihat? Jangan Salah, Begini Tips untuk Memberikan Pengertian Pada Si Kecil

By Ine Yulita Sari, Rabu, 22 Juli 2020 | 08:05 WIB
Cara mendidik anak yang tepat (Freepik.com)

Nakita.id - Mendidik anak bukanlah hal yang mudah dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Setiap anak memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tak jarang dalam mengarahkan anak, ia tidak mau mengikutinya. Namun, jangan dibiarkan terjadi terus menerus Moms.

Baca Juga: #FamilyQuality Jangan Terjebak Bermain dengan Anak Harus Mengedukasi, Ahli Justru Sarankan Orangtua Lakukan 3 Hal Ini Saat Main dengan Si Kecil

Pasalnya, jika kita terus mengikuti kemauannyabisa membuat anak menjadi manja dan merasa semua keinginannya harus dituruti.

Sebagai orang tua, kita tentu harus dapat memberikan bimbingan serta arahan yang tepat agar ia menjadi manusia yang baik dan berakhlak mulia.

Baca Juga: Tahap Demi Tahap #FamilyQuality, Pentingnya Mengajarkan Si Kecil Belajar dari Kesalahan dan Kegagalan

Usia 0 tahun merupakan masa-masa yang kritis bagi perkembangan otak sang anak. Pada tahap inilah anak mengalami masa-masa keemasan dimana perkembangan otaknya terjadi dengan cepat dan pesat.

Pada masa ini bahkan otak anak memiliki kemampuan untuk menyerap pengalaman-pengalaman baru lebih cepat dari anak yang berusia 3 tahun.

Oleh karena itu, Moms jangan sampai salah dalam mendidik maupun memberikan contoh-contoh bagi putra-putri kita.

Lalu, apa ya cara yang tepat agar anak mau mendengar perkataan orangtuanya? Berikut beberapa tips mendidik yang tepat agar anak mau mendengarkan orangtua