Seolah Alam Beri Tanda, BMKG Beri Peringatan Soal Berbagai Kondisi Buruk yang Bisa Menerjang Indonesia di Peralihan Musim

By Riska Yulyana Damayanti, Selasa, 1 September 2020 | 07:20 WIB
Ilustrasi hujan lebat (Pixabay.com/ WolfBlur)

Nakita.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan soal potensi kondisi buruk yang bisa terjadi di peralihan musim kemarau ke musim hujan.

Peralihan musim yang sering disebut pancaroba ternyata memengaruhi alam sehingga bisa memberikan gangguan alam.

Melansir dari Kompas.com (31/8/2020), Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin  menjelaskan bahwa sebagian wailayah di Indonesia alami musim penghujan, namun ada yang masih mengalami musim kemarau.

Baca Juga: Beredar Isu akan Terjadi Gempa Besar dan Tsunami pada 28 Agustus 2020 yang Buat Warga Geger, BMKG Langsung Beberkan Fakta Ini

"85 persen wilayah indonesia masih memasuki musim kemarau. Sedangkan untuk 15 persennya itu dia sudah mulai basah," jelasnya.

Menurutnya, sebagain wilayah yang sudah mulai memasuki musim hujan yakni sebagain kecil Sumatra Utara bagian selatan, Sumatera Barat di bagian Tengah, Kalimantan tengah, Kalimantan Utara, kemudian wilayah Timur Kalimantan.

Untuk wilayah Sulawesi ada di Sulawesi bagian Barat, kemudian di wilayah Sulawesi bagian Utara.

Baca Juga: Musim Kemarau Sudah di Depan Mata, BMKG Beri Peringatan Dini Soal Kemarau Panjang yang Akan Terjadi di Wilayah Ini, Ada yang Sampai 3 Bulan Lamanya!