Dari Yoga hingga Zumba, Yuk Intip Ragam Manfaat Olahraga Bareng Si Kecil

By Fathia Yasmine, Selasa, 1 September 2020 | 14:39 WIB
Ilustrasi olahraga ibu dan anak (Dok. Shutterstock)

Nakita.ID – Semenjak diberlakukannya sekolah online dari rumah, rutinitas si kecil pun berubah. Jika sebelumnya si kecil lebih banyak belajar atau bermain di sekolah dan di luar rumah untuk, kini tidak lagi. Semua kegiatan itu dilakukan di rumah.

Positifnya, Moms memiliki banyak waktu dengan si kecil. Namun, proses belajar-mengajar online dan terbatasnya aktivitas si kecil di luar rumah ternyata memberi tantangan. Si kecil menjadi kurang bergerak akibat terlalu banyak duduk dan menatap layar laptop atau smartphone.

Padahal menurut World Health Organization (WHO), gerakan fisik bagi anak usia sekolah dapat membantu tubuh si kecil tetap sehat. Salah satunya melalui berbagai aktivitas tubuh yang melibatkan gerakan, serti berjalan, melompat, hingga berolahraga.

Nah, supaya si kecil tetap aktif meski berada seharian di rumah, Moms dapat mengajak anak beraktivitas fisik yang seru bersama-sama, contohnya lewat olahraga berdua.

Baca Juga: Gencar Umbar Kemesraan dengan Lesty Kejora, Rizky Billar Justru Ungkap Sosok Artis Wanita Lain yang Buat Dirinya Bahagia, 'Senang Banget Gila'

Rencanakan olahraga bersama di saat anak sedang senggang, misalnya di pagi hari sebelum si kecil mulai sekolah atau sore hari.

Sebagai permulaan, Moms bisa memulai dengan aktivitas olahraga berdurasi singkat agar si kecil dapat beradaptasi dulu. Jika rutin dilakukan dan si kecil sudah terbiasa, tambahlah durasi menjadi sedikit lebih lama, sesuai dengan kemampuan fisiknya.

Selain bertujuan untuk membuat si kecil lebih aktif bergerak, olahraga berdua juga memiliki banyak manfaat. Mengutip dari laman Verywell Family,  Moms dapat mempererat bonding dengan si kecil, sekaligus menurunkan level stres Moms dan anak.

Baik Moms maupun si kecil pun ikut sehat. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, aktivitas fisik dapat membantu menjaga berat badan, menguatkan tulang, hingga mencegah penyakit serius seperti diabetes dan serangan jantung pada orang dewasa.

Baca Juga: Alarm Keras untuk 3 Kota Besar di Indonesia, Mutasi Virus Corona Berisiko 10 Kali Lebih Cepat Menular Dibandingkan Sebelumnya

Sementara pada anak dapat membuat struktur tulang dan ototnya semakin kuat, membina ketekunan, hingga membangun kepercayaan dirinya sejak dini.

Lalu, bagaimana cara mengajak si kecil agar mau berolahraga bersama? Moms bisa mengajak si kecil menonton video gerakan olahraga yang bisa ditemui di situs berbagi video, seperti Youtube. Salah satunya seperti gerakan-gerakan olahraga sederhana berikut ini.