Jangan Lengah! Pakar China Sebut 70 Persen Warga Dunia Bisa Terjangkit Covid-19, Segini Risiko Tingkat Kematiannya

By Yosa Shinta Dewi, Minggu, 20 September 2020 | 06:30 WIB
Ilustrasi virus corona (Pixabay)

Nakita.id - Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya mereda.

Di berbagai negara dunia masih banyak yang melaporkan jumlah pasien terjangkit Covid-19 kian melonjak.

Berkaitan dengan kondisi tersebut, pakar China membuat perkiraan 70 persen penduduk dunia akan terjangkit virus corona dengan tingkat kematian nyaris 7 persen.

Prakiraan itu diungkapkan oleh Prof Zhong Nanshan, seorang ahli penyakit pernafasan ternama di China.

Prof Zhong Nanshan memperkirakan, 60-70 persen penduduk dunia akan terdampak Covid-19 dengan tingkat kematian mendekati tujuh persen.

"Jika tidak ada intervensi, Covid-19 kemungkinan akan berdampak pada 60-70 persen populasi global, dengan tingkat kematian mendekati tujuh persen," katanya dikutip Global Times, Sabtu (19/9/2020).

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Belum Usai, Jangan Kendur Terapkan Sederet Kebiasaan Sederhana Ini untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Baca Juga: Jadi Salah Satu Benda yang Penting Digunakan Selama Pandemi Covid-19, Yuk Ketahui Efektivitas Berbagai Jenis Masker yang Kita Gunakan

Pakar kesehatan kelahiran Nanjing, Provinsi Jiangsu, itu, juga mengatakan, pasien yang terinfeksi Covid-19 lima hari sebelum dan lima hari sesudah munculnya gejala dengan disertai penyakit parah memiliki risiko kematian yang tinggi.

Pandemi itu juga masih akan terus berlangsung hingga musim dingin dan musim semi mendatang, kata ahli berusia 83 tahun itu, yang mencetuskan rekomendasi masa karantina 14 hari setelah mempelajari pola penularan Covid-19 di Wuhan.