Lakukan 4 Langkah Ini, Agar Si Kecil Tak Kecanduan Gadget

By Nana Triana, Sabtu, 3 Oktober 2020 | 14:55 WIB
Ilustrasi anak sedang asyik bermain gadget. (Dok. Shutterstock.com)

 

Nakita.id - Seiring perkembangan zaman, teknologi memiliki peranan penting bagi kehidupan umat manusia. Saat ini, hampir seluruh aktivitas mulai dari belajar, bekerja, bermain hingga belanja pun bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu berpindah tempat.

Kemudahan-kemudahan tersebut bisa diakses secara langsung melalui gadget atau smartphone. Kapan pun dan di mana pun gadget selalu dalam genggaman. Tak heran jika anak-anak, kini sudah terbiasa untuk mengoperasikan yang namanya gadget atau gawai.

Terutama di masa pandemi, saat orang-orang tidak bisa keluar rumah untuk beraktivitas seperti biasa, penggunaan gadget menjadi tak terpisahkan.

Termasuk bagi anak-anak, Si Kecil yang sudah mulai bosan tidak bisa bermain dan berinteraksi dengan teman-temannya akan lebih mudah rewel atau merajuk.

Kondisi tersebut membuat banyak orangtua memilih jalan pintas untuk menghibur dan membuat Si Kecil tetap sibuk, yaitu menyodorkan hiburan-hiburan dan permainan yang ada di ponsel.

Baca Juga: Kenali Mata Kering pada Anak! Gejala dan Perawatannya Beda dengan Orang Dewasa

Namun, bila kebiasaan ini berlangsung terus-menerus, maka tanpa disadari membuat anak menjadi kecanduan. Dalam masa tumbuh kembang, anak perlu melakukan aktivitas fisik untuk meningkatkan kreativitasnya. Di mana hal ini tidak akan terjadi jika anak hanya duduk bermain gadget

Walaupun sebenarnya, memperkenalkan anak pada gadget bukanlah hal yang selalu buruk, sebab mereka juga bisa mempelajari banyak hal disana. Tapi perlu ada batasan dan pengawasan dari orangtua.

Nah, bila Si Kecil menunjukan tanda-tanda kecanduan gadget. Moms tak perlu panik, karena masih banyak jalan untuk mengatasinya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Moms lakukan untuk dapat membantu mengatasi kecanduan gadget pada Si Kecil.

  1. Kurangi frekuensi bermain secara bertahap

Bagi Moms yang sedang berusaha menghentikan kecanduan gadget pada Si Kecil, jangan hentikan kebiasaan anak bermain gawai sekaligus. Cobalah menguranginya secara bertahap.

Baca Juga: Jadikan Gadget Lebih Bermanfaat, Kenalkan Permainan Interaktif Melalui Layar Ponsel dan Televisi Ini untuk Si Kecil di Rumah

Penghentian sekaligus hanya akan membuat anak memberontak dan merajuk. Coba kurangi dari yang biasanya 8 jam sehari, menjadi 5 jam sehari selama satu minggu, kurangi lagi menjadi 4 jam di minggu berikutnya, demikian seterusnya. Batas maksimal anak bermain gadget adalah 2 jam dalam satu hari.