Kids Zaman Now. Di Amerika Murid SD Belajar di Kelas Sambil Bakar Lemak!

By Soesanti Harini Hartono, Minggu, 14 Januari 2018 | 19:36 WIB
Winget Park Elementary School. Murid-muridnya belajar sambil mengayuh sepeda statis agar tubuh terus bergerak. ()

Nakita.id.- Membakar kalori di kelas merupakan tren baru yang  dilakukan di sekolah-sekolah dasar di Amerika Serikat.

Contohnya di Winget Park Elementary School, Charlotteville, Tenesse. Murid-muridnya belajar sambil mengayuh sepeda statis agar tubuh terus bergerak.

"Semua anak senang bersepeda. Dan bersepeda di kelas menurutku cool banget. Kamu tinggal duduk, mengerjakan tugasmu. Kakimu bergerak setiap saat kapanpun kamu mau,” kata siswa kelas empat Caryna Cozaya.

Kelas Cozaya adalah contoh ruang kelas kinestetik di sekolah Winget yang dilengkapi dengan sepeda statis.

BACA JUGA: Biar Tak Makin Gemuk di Kantor Moms Bisa Lakukan Hal Ini

Ada juga kelas lain dimana murid berdiri sambil mengerjakan tugas di laptop namun kakinya terus berjalan perlahan di atas treadmill.

“Siswa kami juga menantang keseimbangan mereka dengan menyeimbangkan bola Bosu saat membaca,” kata Kepala Sekolah Jason Bissinger

Menurut Kids Fit, perusahaan yang ditunjuk membuat membuat peralatan tersebut, pembelajaran berbasis aktivitas fisik ini memperbaiki retensi memori.

Bissinger menambahkan, “Aktivitas fisik di sekolah membuat otak siswa bergerak, dan itu baik untuk kesejahteraan mereka.

Begitulah cara anak-anak kita belajar. Kita harus menemukan cara untuk tetap memerhatikan murid-murid kita. Ini baik untuk kesehatan mental dan fisik.”

Winget Park menggunakan dana hibah pendidikan jasmani untuk membayar peralatan. Siswa baru menggunakannya sejak Oktober, tapi dengan cepat menjadi hit besar.

BACA JUGA: Kereta Bandara Ramah Ibu dan Anak , Direncanakan Ada Kidzone !