Jangan Sepelekan Efek Buruk Pakai Headset! Ini Tips Agar Telinga Terhindar dari Gangguan Pendengaran yang Bisa Mengintai Siapa Saja

By Yosa Shinta Dewi, Kamis, 22 Oktober 2020 | 15:30 WIB
Bahaya pakai headset (Pixabay)

Jangan Sepelekan Efek Buruk Pakai Headset! Ini Tips Agar Telinga Terhindar dari Gangguan Pendengaran yang Bisa Mengintai Siapa Saja

Nakita.id - Headset sepertinya jadi piranti yang nyaris dimiliki oleh khalayak umum.

Bagaimana tidak, aktivitas mendengarkan musik atau bermain gim akan lebih nyata apabila pakai headset.

Namun, hati-hati! Headset juga bisa membuat diri sendiri rugi lho.

Penggunaan headset dalam jangka panjang bisa menjadi masalah jika sering dipakai dengan durasi yang lama dan volume yang keras.

Awal 2015, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa 1,1 miliar orang muda mempunyai risiko kehilangan pendengaran karena alat audio pribadi dan kebisingan suara di tempat-tempat hiburan, seperti diskotek dan konser musik yang tingkat kebisingan dapat mencapai 120 dB selama berjam-jam.

Baca Juga: Hati-hati, Kebiasaan Pakai Headset Bisa Sebabkan Tuli Sebelah hingga Stroke Telinga, Olla Ramlan Pernah Kena!

Dilaporkan 1 dari 5 remaja Amerika Serikat sudah menderita gangguan pendengaran.

Gangguan pendengaran di kalangan remaja saat ini adalah sekitar 30 persen lebih tinggi dibandingkan pada tahun 1980-an dan 1990-an.

Merangkum Osteopathic.org, seseorang masih aman mendengarkan suara di headset sampai 85 desibel (dB) sepanjang hari atau delapan jam.

Intensitas suara itu kira-kira setara dengan suara lalu lintas kota yang bising.

Baca Juga: Seorang Pria Alami Tuli Mendadak Usai Tidur Pakai Earphone, Pakar Bocorkan Cara Aman Pemakaiannya