Akibat Tak Patuhi Protokol Kesehatan di Tengah Pandemi Virus Corona, 32 Warga dalam Satu Desa Positif Covid-19

By Riska Yulyana Damayanti, Sabtu, 14 November 2020 | 11:45 WIB
Ilustrasi taat pada protokol kesehatan kunci terhindar dari penyebaran virus corona. (freepik)

Nakita.id - Saat ini pemerintah selalu mengimbau untuk mematuhi protokol kesehatan, mulai dari rajin mencuci tangan, menjaga jarak hingga memakai masker.

Jika tak mematuhi protokol kesehatan tersebut, siapa saja bisa terinfeksi virus corona.

Seperti yang terjadi baru-baru ini di salah satu desa di Bali.

Melansir dari Kompas.com, sebanyak 32 warga di Banjar Tebongkang, Desa Singakerta, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga: Bikin Lega, Jumlah Pasien Sembuh Akibat Corona Terus Bertambah, Jubir Satgas Covid-19 Tegaskan Kunci Utama Agar Masyarakat Terhindar dari Penularan

Sekda Kabupaten Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya mengatakan, penularan terjadi karena masyarakat lalai menerapkan protokol kesehatan.

"Jadi itu, akibat tidak disiplin tidak sesuai dengan regulasi yang ada. Artinya tidak mengindahkan protokol kesehatan, sehingga terjadi seperti itu," kata Wijaya saat dihubungi, Jumat (13/11/2020).

Saat ditelusuri oleh satgas Covid-19 Gianyar, 32 kasus tersebut mengalami penularan virus corona dari acara pernikahan dan pemakaman jenazah.

Baca Juga: Kabar Baik Soal Vaksin Covid-19 yang Dikabarkan Gratis, Ini Solusi Bagi Warga Indonesia yang Tidak Bisa Mendapatkannya Secara Cuma-cuma