Bill Gates Lunasi Hutang Nigeria ke Jepang 950 M untuk Berantas Polio

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Kamis, 18 Januari 2018 | 16:18 WIB
Bill Gates Bayar Hutang Nigeria ()

Nakita.id - Nigeria memiliki hutang kepada Jepang sebesar 76 juta USD, atau sekitar Rp 950 M untuk memulihkan masalah terbesar di Afrika, yaitu pemberantasan polio.

Bill Gates Foundation menyetujui untuk membayar hutang Nigeria terhadap Jepang tersebut agar keadaan ekonemi mereka membaik dan pemberantasan polio terus berjalan.

Dimotori langsung oleh Bill Gates dan Melinda Gates, yayasan amal ini telah membebaskan hutang Nigeria dari Jepang.

Awalnya Nigeria meminjam dana pada tahun 2014 dan pembayaran pelunasan rencana dimulai pada awal tahun ini dan akan dilunasi dalam jangka waktu 20 tahun.

BACA JUGA: Haru! Ditinggal Ibunya Pergi, Bocah Ini Jadi Kurir Paket, ini Kisahnya

Pinjaman dana yang diajukan Nigeria pada Jepang merupakan bagian dari Overseas Development Assistanve (ODA) yang diberikan Jepang untuk meningkatkan usaha pemberantasan polio.

Dilansir dari independent.co.uk, Quartz Africa menyampaikan bahwa Gates Foundation setuju atas pelunasan pinjaman atas nama Nigeria.

"Lebih dari 80% vaksinasi yang harus dilakukan dalam sekali putaran setiap tahun di area dengan risiko polio paling tinggi."

Nigeria dianggap berhasil menyelesaikan permasalahan tersebut pada tahun 2017 karena tidak ada lagi kasus polio yang dilaporkan.

BACA JUGA: Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Rela Habiskan Rp 15 Juta Sekali Makan

Paulin Basinga selaku Country Director Nigeria, Bill Gates dan Melinda mengatakan bahwa Bill Gates Foundation dengan senang hati melunasi pinjaman tersebut berkat keberhasilan dan juga pemerintahan Nigeria yang semakin kuat dalam pemberantasan polio.

Basinga juga mengatakan bahwa walaupun belum ada kasus polio lebih dari satu tahun, namun Nigeria memiliki risiko tertinggi karena virus polio belum diberantas secara menyeluruh.