Jangan Khawatir! Ini Langkah Tepat Saat Dinyatakan Positif Covid-19 dan Harus Isolasi Mandiri Agar Cepat Sembuh

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Rabu, 18 November 2020 | 11:35 WIB
12 cara isolasi mandiri agar cepat sembuh dari Covid-19 (Freepik)

Nakita.id - Angka bertambahnya pasien Covid-19 belakangan terus meningkat.

Hal ini disinyalir terjadi karena libur panjang.

Beberapa daerah mencatatkan angka penambahan pasien Covid-19.

Namun hingga saat ini, para ahli epidemiolog pun mengatakan, kita belum sampai puncak pandemi, tetapi masih menuju puncak.

Seiring dengan banyaknya kasus yang dikonfirmasi, kapasitas rujukan pasien Covid-19 di beberapa wilayah terutama yang masuk zona merah seperti Jakarta dan Depok hampir penuh.

Baca Juga: Angka Kesembuhan Covid-19 Terus Meningkat, Ternyata Ini yang Dilakukan Dokter pada Pasien Covid-19 yang Dirawat

Dalam menghadapi lonjakan pasien Covid-19, banyak masyarakat merasa bingung dan khawatir apa yang harus dilakukan jika dikonfirmasi positif Covid-19.

Menurut dr. Ferdy D. Tiwow, SH. MS, Chief Executive Officer (CEO) Primaya Hospital Group, masyarakat harus selalu waspada terhadap berbagai gejala yang terjadi.

"Jangan sepelekan gejala batuk, demam, flu, atau nyeri-nyeri yang terjadi di tubuh Anda. Gejala tersebut bisa menjadi indikasi awal potensi terpapar Covid-19," ujar dr. Ferdy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (15/9/2020).

Dia menjelaskan, pasien yang tidak mengalami gejala Covid-19 tetapi menjadi terindikasi (suspek) atau terkonfirmasi positif Covid-19, dokter akan menentukan apakah pasien dapat melakukan isolasi mandiri di rumah atau harus dirawat di rumah sakit.