Angka Kesembuhan Covid-19 Terus Meningkat, Ternyata Ini yang Dilakukan Dokter pada Pasien Covid-19 yang Dirawat

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Selasa, 17 November 2020 | 12:30 WIB
ilustrasi angka kesembuhan pasien Covid-19 meningkat (Freepik)

Nakita.id - Meski jumlah penderita Covid-19 masih mengalami peningkatan, namun data membuktikan angka kesembuhan juga semakin meningkat.

Bahkan data dari total kasus Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatakn pesat.

Indonesia berhasi mencapai 82,84 persen angka kesembuhan.

Selain itu, angka pasien Covid-19 yang sembuh dan selesai menjalani isolasi Covid-19 juga terus meningkat dibandingkan dengan sebelumnya yaitu 80.51 persen.

Juru Bicara Satgas Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro menyebutkan, tingginya angka kesembuhan itu sesuai dengan data yang dilansir dari berbagai survei seperti IPSOS hingga Nielsen, masyarakat Indonesia diketahui paling optimis dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Asia Tenggara.

Baca Juga: Hidup Sehat di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Penjelasan dari Peneliti Soal Mengapa Kita Harus Tetap Memakai Masker di Toilet Umum

Lantas apa yang dilakukan oleh dokter untuk membantu meningkatkan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 ini?

Dokter Kepala Instalasi Gawat Darurat salah satu rumah sakit di Jakarta, dr Gia Pratama Putra mengatakan bahwa setidaknya ada 3 fase yang harus dihadapinya hampir setiap hari dalam menangani pasien Covid-19.

Gia memaparkan fase tersebut dalam acara Dialog Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), bertajuk Antara Pengobatan dan Pencegahan: Pilih Mana, Jumat (13/11/2020). Lantas, apa yang telah dilakukan dokter dalam meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19, berikut penjelasannya.

1. Meyakinkan pasien Covid-19