Jangan Takut Vaksin, Yuk Moms Ketahui Sederet Manfaatnya Bagi Tubuh

By Yussy Maulia, Minggu, 29 November 2020 | 22:00 WIB
Ilustrasi vaksin suntik pada anak ()

Nakita.id – Sejak dahulu, mungkin Moms sering mendengar kampanye pentingnya memberikan imunisasi pada anak-anak.

Imunisasi diberikan melalui vaksin. Vaksin diberikan melalui suntikan maupun tetesan oral ke dalam mulut yang bertujuan untuk meningkatkan imun dan melindungi tubuh dari penyakit. 

Namun, di samping manfaatnya yang sangat baik bagi tubuh, masih banyak Moms dan anak di luar sana yang takut untuk melakukan vaksin.

Padahal, Moms dan anak tidak perlu khawatir. Sebab, pemerintah sudah memastikan bahwa vaksin sudah melewati uji klinik dan pemastian keamanan serta kemanjurannya.

Selain itu, proses produksi vaksin telah melalui tahapan-tahapan yang sesuai prosedur keamanan, Moms.

Baca Juga: Isyaratkan Dunia Akan Segera Kembali Normal, Vaksin Moderna 95 Persen Ampuh Lawan Covid-19!

Tahapan tersebut dimulai dari pra uji klinik pada hewan, dilanjutkan dengan tiga tahap uji klinik pada manusia, hingga akhirnya mendapat izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Manfaat vaksin untuk cegah penyakit

Vaksinasi memiliki beberapa manfaat, diantaranya memperkuat sistem imun tubuh, mencegah infeksi dan penularan wabah penyakit, serta mengurangi risiko cacat dan kematian.

Hal ini lebih lanjut dibahas dalam Dialog Produktif bertema Imunisasi Aktif: Mewujudkan Kualitas Hidup yang Lebih Baik yang digelar oleh  Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Selasa (24/11).

Salah satu pembicaranya adalah Dokter Spesialis Anak, dr. Endah Citraresmi, Sp.A (K), dari Yayasan Orang Tua Peduli yang menjelaskan lebih lanjut mengenai manfaat vaksinasi bagi tubuh.

"Pada prinsipnya, vaksinasi akan membuat seseorang memiliki kekebalan tubuh sehingga tidak perlu melalui fase sakit saat diserang virus atau bakteri tertentu," ujarnya.