Bingung Akhir Pekan Ini Mau Ngapain? Yuk, Ikuti Keseruan Acara Puncak Festival Dongeng Internasional Indonesia 2020, Banyak Acara Menarik untuk Moms dan Si Kecil!

By Ratnaningtyas Winahyu, Jumat, 27 November 2020 | 18:15 WIB
Mendongeng memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak (Freepik.com/jcomp)

Bingung Akhir Pekan Ini Mau Ngapain? Yuk, Ikuti Keseruan Acara Puncak Festival Dongeng Internasional Indonesia 2020, Banyak Acara Menarik untuk Moms dan Si Kecil!

Nakita.id – Seiring dengan perkembangan teknologi, kegiatan mendongeng nyaris terlupakan.

Kini, anak-anak menjadi lebih tertarik untuk menonton video ataupun bermain game online di gawai daripada membaca buku dan menyimak cerita.

Padahal, mendongeng memiliki banyak manfaat lo untuk anak-anak.

Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah studi penelitian saraf di National Institute of Child Health and Human Development, Amerika Serikat.

Penelitian ini menemukan fakta bahwa orangtua yang mendongeng atau membacakan cerita sebelum tidur dapat meningkatkan perkembangan otak anak.

Baca Juga: Tak Hanya Atasi Kebosanan, Mendongeng juga Ternyata Bisa Jadi Metode yang Seru dan Kaya Manfaat untuk Si Kecil Selama Belajar di Rumah

Tak berhenti sampai di situ, mendongeng juga ternyata mempunyai manfaat lain, Moms.

Menurut Kurniawati Yuli Pratiwi selaku pendongeng sekaligus Ketua Ayo Dongeng Indonesia, mendongeng juga dapat melatih kemampuan analisis dan imajinasi hingga menjadi sarana untuk anak meluapkan isi hatinya.

“Dengan mendengarkan dongeng, anak bisa meluapkan emosi dan kreativitas. Jadi hal-hal yang kerap dipendam oleh anak bisa tersalurkan,” ujar Tiwi saat diwawancarai Nakita.id via Zoom, Jumat (27/11/2020).

Sayangnya, saat ini masih banyak orangtua yang merasa tak punya waktu untuk mendongengkan anak.

Kondisi tersebut pun kian diperburuk dengan kecemasan berlebih orangtua yang merasa tidak mampu mendongengkan anaknya.

Baca Juga: Berikut Manfaat Tak Terduga dari Kegiatan Mendongeng yang Dapat Mempererat Ikatan Si Kecil dan Moms #FamilyQuality hingga Membantu Perkembangan Kognitifnya