Catat, Ini Jenis Olahraga yang Direkomendasikan WHO Selama Pandemi

By Yussy Maulia, Selasa, 1 Desember 2020 | 18:45 WIB
Ilustrasi olahraga ()

Nakita.id — Meski pemerintah menyarankan masyarakat untuk tetap di rumah saja, tetapi bukan berarti kita tidak bisa produktif, Moms.

Salah satu cara supaya tubuh tetap produktif dan sehat bisa dilakukan dengan rutin berolahraga.

Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan orang dewasa untuk melakukan rutin olahraga setidaknya 2,5 jam setiap minggunya.

"Aktif secara fisik sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan. Aktivitas ini juga dapat memperpanjang umur," ujar Direktur Jenderal WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, melalui keterangan tertulis WHO.

Olahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Terlebih, di masa pandemi seperti sekarang ini, daya tahan tubuh yang kuat diperlukan.

WHO menganjurkan, olahraga pun bisa dilakukan dengan gerakan apapun, asalkan tubuh bergerak aktif. Hal ini dinilai lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali.

Baca Juga: Tidak Sembarangan, Ternyata Ini Olahraga yang Tepat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19

"Setiap gerakan diperhitungkan. Terutama saat ini karena kami mengelola kendala pandemi Covid-19. Kita semua harus bergerak setiap hari, dengan aman dan kreatif," lanjut Dr. Terdros.

Tidak perlu bingung. Moms bisa memulai olahraga dari yang paling ringan. Setelah terbiasa, barulah Moms bisa meningkatkan frekuensi, intensitas, dan durasi olahraga dari waktu ke waktu.

Sementara, untuk lansia yang berusia 64 tahun ke atas dianjurkan untuk melakukan olahraga yang dapat melatih keseimbangan dan kekuatan otot.

Salah satunya dengan melakukan latihan aerobik berat setidaknya 150 menit setiap minggunya.

Olahraga jenis ini dapat mengurangi risiko kematian dini, penyakit jantung, hipertensi, kanker, dan diabetes tipe 2. Selain itu, dapat mencegah terjadinya jatuh dan cedera, serta penurunan kesehatan dan kekuatan tulang.