Tetap Happy Meski Belajar di Rumah, Yuk Moms Lakukan Tips Mudah Ini

By Yussy Maulia, Rabu, 2 Desember 2020 | 10:44 WIB
Ilustrasi belajar online ()

Nakita.id – Terhitung sejak Maret 2020, kegiatan bekerja dan belajar dari rumah untuk menekan penularan Covid-19 sudah sembilan bulan berlangsung di Indonesia. Situasi ini memberi pengalaman baru bagi Moms, terutama jika memiliki anak yang masih berusia sekolah.

Dan, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang mengharuskan si kecil untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring tidak seindah yang dibayangkan.

Suasana belajar di rumah ternyata jauh berbeda dengan di sekolah. Hal ini memberi tantangan tersendiri untuk mempengaruhi semangat belajar dan kemampuan si kecil untuk terus fokus pada pelajarannya.

Si kecil butuh perhatian dan pendampingan lebih dari Moms saat belajar. Moms pun harus pandai-pandai mengelola emosi dan mencari cara efektif untuk menyemangati si kecil.

Sebab, memaksakan mereka untuk belajar bukanlah solusi yang baik.

Nah, buat Moms yang masih belum menemukan cara tepat untuk mendampingi si kecil belajar, coba ikuti 5 tips mudah ini. Si kecil bisa disiplin mengikuti pelajaran dan tetap happy.

1. Atur jadwal dengan baik

Jika biasanya si kecil berkegiatan di sekolah, kini kegiatan tersebut dilakukan di rumah. Moms pun harus mengatur waktu agar kegiatan si kecil berjalan lancar.

Belum lagi, Moms juga memiliki segudang kegiatan lain yang harus dilakukan selain mendampingi si kecil belajar. Oleh sebab itu, Moms perlu membuat jadwal dan reminder.

Moms bisa gunakan fitur kalender di gadget untuk mencatat jadwal penting, seperti jadwal kelas, jadwal mengumpulkan tugas atau prakarya, dan kegiatan lainnya.

Bila perlu, pasang reminder untuk berjaga-jaga. Dengan begitu, meski dipadati oleh banyak kegiatan, Moms tetap bisa mengatur waktu dengan baik.

2. Tetapkan waktu belajar