Masih Pandemi, Ikuti Tips Aman Ini Jika Perlu ke Rumah Sakit

By Yussy Maulia, Senin, 7 Desember 2020 | 21:54 WIB
Ilustrasi rumah sakit ()

Nakita.id – Pandemi membuat orang-orang enggan dan cenderung menghindari tempat layanan kesehatan karena takut tertular virus corona.

Padahal, saat kita atau salah satu keluarga ada yang sakit, mau tidak mau kita harus pergi berobat, misalnya ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Moms, jangan khawatir. Jika keadaannya mendesak, Moms tetap bisa pergi berobat dengan aman.

Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) Dr dr. Ari Fahrial Syam mengungkapkan, penularan virus corona memang lebih masif di area layanan kesehatan.

Namun, Moms bisa mengatasinya dengan memakai masker dan lakukan physical distancing.

Baca Juga: Catat Moms, Ini Panduan Aman Bawa Si Kecil untuk Imunisasi di Faskes

"Ya pakai masker dan physical distancing. Saat ini puskesmas di DKI Jakarta baik di kelurahan maupun di kecamatan masih banyak pasien yang datang untuk berobat," ujar Ari seperti yang dilansir dari Kompas.com (14/5/2020).

Selain itu, di puskesmas dan rumah sakit pasti akan disediakan hand sanitizer. Petugas juga mengenakan alat pelindung diri (APD), sehingga cukup aman untuk menghindari kontak fisik. 

Untuk mengurangi risiko kontak fisik antar pasien, antrian registrasi juga dibatasi dan kursi di ruang tunggu pun dibuat saling berjarak.

"Tempat duduk dibuat berjarak, saat registrasi juga tidak boleh mengantre. Jadi, memang jangan sampai ada antrean," terang Ari.

Baca Juga: Jangan Kira Sepele, di Tengah Pandemi Covid-19 Ini Anjuran yang Harus Diterapkan Saat Berkunjung ke Rumah Sakit

Setelah pulang dari rumah sakit, Ari pun menyarankan agar tidak menyentuh apapun sebelum membersihkan diri. Sebab, kita tidak tahu kapan dan dimana saja virus itu menempel di tubuh kita.