Ingin Mengajari Anak Bahasa Asing, Idealnya Sejak Usia Berapa?

By Yussy Maulia, Kamis, 10 Desember 2020 | 09:18 WIB
()

Nakita.id – Penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional semakin banyak ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Di Indonesia, tidak jarang Moms bisa melihat anak-anak usia dini yang telah menguasai, bahkan fasih berbicara dalam Bahasa Inggris.

Kemampuan berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris saat ini menjadi salah satu syarat untuk dapat bersaing di dunia kerja. Demi masa depan si kecil, banyak Moms dan Dads membekali si kecil dengan kemampuan tersebut sejak usia dini.

Caranya, dengan membiasakan bercakap dengan si kecil dalam Bahasa Ingggris, mendaftarkannya untuk kursus bahasa asing, hingga menyekolahkannya di sekolah internasional.

Namun, tepatkah untuk mengajari si kecil bahasa asing sejak dini? Sebaiknya, di usia berapa si kecil mulai diajarkan untuk berbicara bahasa asing?

Baca Juga: Bukan #FamilyQuality Biasa, Kegiatan Ini juga Bisa Jadi Kesempatan Moms Ajarkan Si Kecil Matematika dan Bahasa InggrisPengajar Polyglota John Husein mengatakan, waktu yang tepat adalah sedini mungkin. Sebab, anak di usia dini mampu menyerap dan mengingat dengan baik.

“Kalau untuk anak-anak, salah satu kunci keberhasilannya ada di orangtua,” ujar John seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (30/11/2020).

Dorongan dari orangtua

John menjelaskan, dukungan orangtua untuk mengajarkan bahasa asing pada anak bisa dimulai dari membiasakan anak berbicara dengan bahasa tersebut.

“Tapi suka ada anggapan, kenapa bahasa asing, nanti bahasa ibunya tidak digunakan. Itu pemikiran yang tidak tepat,” tutur John.

Bahasa ibu maupun bahasa asing sama pentingnya dan si kecil bisa mempelajari keduanya dengan baik, terutama jika diajarkan sejak usia dini.

Baca Juga: Moms Bisa Bantu Si Kecil Kelola Stres Akibat Sekolah dari Rumah dengan Cara Ini