Agar Kulit Kenyal dan Halus Moms Perlu Konsumsi Kolagen di Makanan Ini

By Soesanti Harini Hartono, Minggu, 21 Januari 2018 | 20:44 WIB
Jika ingin kolagen tetap terjaga di tubuh, banyak-banyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A, tembaga, anthocyanidins, dan proline. ()

Nakita.id.- Kolagen adalah protein utama dalam kulit, tulang, tendon, tulang rawan, dan jaringan ikat kita.

Berkat kolagen, tubuh dapat tersambung dan terikat satu sama lain hingga kuat, elastis, dan terstruktur.

Kolagen juga membantu mengganti dan memulihkan sel-sel kulit mati, membentuk jaringan fibrosa agar sel-sel baru dapat tumbuh, hingga melindungi organ-organ dalam tubuh seperti ginjal.

Kolagen juga membantu kita mempertahankan kulit halus, lembut, mulus, kencang, kenyal, dan terlihat awet muda.

BACA JUGA: Cuma 2 Menit! Trik Sulap Outfit Moms Agar Tidak Terlihat Gendut

Sayangnya, produksi kolagen alami dalam tubuh akan menurun seiring dengan bertambahnya usia kita, dimulai dari sekitar usia 40 tahunan.

Jika sudah seperti itu, kulit pun menjadi kendur, garis-garis dan kerutan bermunculan, dan tulang rawan pada sendi menjadi lemah.

Jika ingin kolagen tetap terjaga di tubuh, banyak-banyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A, tembaga, anthocyanidins, dan proline.

Berbagai nutrisi tersebut dipercaya dapat merangsang pembentukan kolagen dalam tubuh.

- Vitamin A. Bisa didapat dengan mengonsumsi telur, susu, hati, ubi, wortel, bayam, aprikot, keju, minyak ikan, ikan berlemak , yoghurt, paprika merah, mangga, pepaya, brokoli, zukini, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Berbagai Produk yang Tak Sesuai Foto Kemasannya. Pernah Alami?

- Vitamin C. Ditemukan pada melon, jeruk, brokoli, kubis merah, paprika merah, paprika hijau, kiwi, tomat, stroberi, kentang, cabai, jambu biji merah, peterseli, kembang kol, pepaya, lemon, dan masih banyak lagi.