Menjadi Tempat Tinggal Kuman, Ini Benda-benda di Rumah yang Harus Selalu Dibersihkan

By Yussy Maulia, Rabu, 30 Desember 2020 | 22:20 WIB
()

Nakita.id - Bakteri, kuman, bahkan virus bisa menempel dimana-mana, termasuk di benda yang sering kita pakai sehari-hari.

Oleh karenanya, penting untuk selalu menjaga kebersihan benda-benda di sekitar kita terutama di lingkungan rumah. Jika bakteri, kuman, dan virus dibiarkan berkembang, kesehatan kita bisa terganggu.

Nah, salah satu benda yang sering disebut-sebut mengandung paling banyak bakteri dan kuman adalah ponsel. Sebab, hampir setiap hari ponsel tersentuh oleh tangan kita.

Namun ternyata, selain ponsel ada beberapa benda di rumah yang juga berisiko jadi sarang bakteri terbanyak. Melansir dari Good Housekeeping, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Coba Cek Lagi, Hand Sanitizer Tidak Efektif Bunuh Virus Corona Jika Kesalahan-kesalahan Ini Masih Dilakukan 

1. Sakelar

Coba hitung, mungkin Moms bisa menyentuh sakelar lampu hingga puluhan kali dalam sehari di rumah. Belum lagi, ada anggota keluarga lain yang ikut menyentuh sakelar. 

Akibat terlalu banyak disentuh, sakelar menjadi tempat yang sangat berisiko menyimpan banyak bakteri

Untuk membersihkannya, Moms bisa gunakan lap atau kapas yang dibasahi oleh alkohol 70 persen. Kemudian, usap semua sisi sakelar dan pelat belakang. Setelah itu, biarkan mengering.

Namun, Moms harus berhati-hati agar cairan pembersihnya tidak meresap sampai ke belakang sakelar, karena bisa menyebabkan kerusakan.

Baca Juga: Bukan Cuma Kuman, Virus Corona juga Bakalan Kabur dari Rumah Anda Jika Area Ini Rutin Dibersihkan

2. Microwave