Sambut Tahun Baru dengan Liburan, Ini Tips Aman Bepergian Saat Pandemi

By Yussy Maulia, Selasa, 29 Desember 2020 | 15:53 WIB
(Freepik / valuavitaly)

Nakita.id - Menyambut liburan tahun baru, mungkin Moms dan keluarga sudah merancang agenda untuk pergi berlibur.

Namun, perlu diingat bahwa kondisi liburan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, pandemi masih belum berakhir. Terlebih, jumlah kasus positif Covid-19 terus meningkat setiap hari di indonesia.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Evasari Hospital dr Nugraheni Irda SpPD mengingatkan, masyarakt perlu lebih bijak dalam merencanakan liburan di tengah pandemi.

"Sebenarnya yang paling ideal adalah liburan di rumah," ujar dr Irda yang dikutip dari Kompas.com, Kamis (24/12/2020).

Akan tetapi, jika Moms memang harus bepergian atau sudah terlanjur merencanakan agenda liburan tahun baru, berikut ada beberapa tipsnya.

Baca Juga: Ingin Nikmati Liburan Akhir Tahun ke Luar Kota? Ini Syarat Keluar Masuk Jakarta via Pesawat dan Kereta

1. Hindari wilayah dengan angka kasus Covid-19 tinggi

Sebelum benar-benar memutuskan untuk pergi, sebaiknya Moms cari tahu terlebih dahulu tentang zona wilayah yang menjadi tujuan berlibur.

Jika wilayah tersebut termasuk wilayah dengan kasus positif yang tinggi, ada baiknya dihindari supaya mencegah risiko penularan Covid-19.

Dokter Irda juga mengatakan, hindari wilayah-wilayah yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Sebab, kemungkinan tempat tersebut akan mengundang banyak wisatawan.

Seperti diketahui, semakin ramai suatu tempat atau wilayah, maka potensi risiko penularan Covid-19 juga akan meningkat.

Baca Juga: Moms Tinggal di Zona Merah Covid-19? Contek Cara Mencegah Penularan Virus Corona dengan 7 Langkah Super Mudah Ini