Batuk Tak Kunjung Sembuh, Coba Olesi Kaki dengan Balsam, Buktikan Ya

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Rabu, 24 Januari 2018 | 11:49 WIB
()

Nakita.id - Saat tubuh kita tidak fit karena demam dan batuk, umumnya orang akan minum obat batuk dan mengolesi minyak hangat di beberapa anggota tubuh.

Jika demikian, jangan lupakan bagian kaki Moms. Apa hubungannya?

Faktanya, mengolesi balsam pada kaki dapat meredakan batuk yang mengganggu.

BACA JUGA: Permasalahan Kaki yang Kerap Terjadi Saat Hamil, Kaki Menjadi Rata

Dikutip dari situs parents.com, seorang dokter anak dari Rutgers University; Satya D. Narisety, MD mengatakan bahwa kandungan dalam balsam ampuh meredakan batuk.

"Bahan aktif mentol pada balsam yang dioleskan pada telapak kaki sebenarnya tidak membuka saluran napas dan memecah lendir saat kita batuk"

"Namun itu akan merangsang otak untuk melancarkan jalan napas sehingga ketika batuk tidak terlalu sesak," demikian ungkap sang dokter.

BACA JUGA: Benarkah Konsumsi Cokelat Bisa Redakan Batuk? Begini Moms Kata Ahli

Hal tersebut didukung oleh pendapat seorang farmakolog dari University of Michigan, Joe Graedon bahwa balsam bisa bekerja optimal untuk meredakan batuk.

Teori itu berdasarkan riset yang dilakukan oleh ilmuwan Rod MacKinnon, M.D., dan koleganya Bruce Bean, Ph.D., dari Harvard University.

Karena bagian kaki mengandung banyak saraf, Graedon menyebutkan saraf sensorik pada kaki akan mungkin merespons rangsangan yang diberikan oleh balsam.

Bila itu terjadi, saraf akan merangsang tulang belakang, lalu menekan siklus batuk bahkan membuat batuk berhenti.