Inilah 2 Posko Crisis Center Sriwijaya Air SJ 182 yang Bisa Didatangi Keluarga Korban, Catat Nomor Hotlinenya Juga

By Gabriela Stefani, Minggu, 10 Januari 2021 | 08:58 WIB
2 posko crisis center Sriwijaya Air (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Nakita.id - Baru saja Indonesia ditimpa dengan berita buruk yaitu peristiwa jatuhnya pesawat.

Peristiwa jatuhnya pesawat tersebut bermula dengan kabar hilangnya kontak pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Pesawat tersebut dikabarkan hilang kontak setelah 4 menit lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Dentuman Keras Sempat Terdengar oleh Nelayan, Dirut Maskapai Sriwijaya Air Sebut Begini Soal Kondisi Pesawat Sebelum Terjadi Insiden Nahas: 'Harusnya Tidak Ada Masalah'

Setelah terdengar kabar hilang kontak, Bupati Kepulauan Seribu Djunaedi melaporkan bahwa mendapat informasi ada pesawat jatuh di sekitar Kepulauan Seribu.

Bermula dari laporan nelayan Pulau Lancang yang mendengar suara ledakan seperti petir.

Suara tersebut diduga dari pesawat rute Jakarta-Pontianak tersebut.

Tentu saja menghadapi masalah ini, Sriwijaya Air sudah menyiapkan crisis center yang bisa didatangi oleh keluarga penumpang pesawat.

Baca Juga: Lokasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air Jakarta-Pontianak Akhirnya Ditemukan, KNKT: ‘Titik Jatuhnya Sudah Diketahui’

Dirut Angkasa Pura II Muhammad Awaludin sudah menyiapkan 2 posko infromasi sebagai crisis center dalam peristiwa ini.

Posko tersebut bertempat di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Supadio Pontianak.

Awaludin memastikan bahwa posko informasi ini tersedia 24 jam untuk keluarga yang ingin mencari informasi terbaru dari persitiwa jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 128.

Tak hanya posko informasi, keluarga penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ 128 juga bisa menghubungi hotline di nomor 02180637817.

Posko Informasi di Jakarta

Baca Juga: Kabar Hilangnya Kontak Pesawat Sriwijaya Air Jadi Sorotan, Mbak You Ternyata Pernah Ungkap Terawangan Seperti Ini Soal Pesawat Jatuh di 2021

Masing-masing bandara memiliki 2 posko informasi.

Berdasarkan penuturan Muhammad Awaludin yang dikutip dari kompas.com, di Bandara Soekarno-Hatta terdapat emergency operation center dan crisis center.

"Dua titik yaitu emergency operation center yang sudah tadi dikunjungi bapak Menteri Perhubungan. Yang kedua ada di sini, posko crisis center dan ini titik pertemuan antara pihak maskapai dan para keluarga," jelas Muhammad Awaludin yang dikutip dari kompas.com.

Untuk crisis center yang bisa didatangi oleh keluarga tersebut tepatnya berada di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Meski Diakui Pesawat Dalam Kondisi Sehat Saat Berangkat, Terungkap Fakta Bahwa Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Sempat Delay Selama 30 Menit dengan Alasan Ini

Posko Informasi di Pontianak

Sama halnya dengan di Jakarta, posko informasi di Pontianak juga terdapat di 2 tempat.

Posko informasi di Pontianak akan berada di kawasan Kantor Angkasa Pura dan kawasan bandara.

Dan yang menjadi crisis center untuk keluarga penumpang datangi yaitu di kawasan Bandara.

Lokasi tepatnya disebutkan oleh General Manager AirNav Indonesia Cabang Pontianak Wasyudi Zufka yaitu gedung serbaguna Graha Chandra Dista Wiradi yang juga dikutip dari kompas.com.

Baca Juga: Mendadak Jadi Trending Topik di Twitter, Ternyata Begini Fakta Soal Hilangnya Kontak Pesawat Sriwijaya Air Rute Jakarta-Pontianak

Sebagai informasi bahwa pesawat Sriwijaya Air SJ 182 sudah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 14.36 WIB.

Di 14.40 WIB pesawat tersebut dinyatakan hilang kontak setelah diketahui sempat keluar arah perjalanan.

Setelah hilang dari radar, kemudian dikabarkan adanya ledakan pesawat yang bersamaan dengan hujan deras di sekitar Kepulauan Seribu.

Dan kini diakui Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono disebutkan bahwa titik jatuhnya pesawat sudah ditemukan.

Baca Juga: Fakta Baru Pesawat Sriwijaya Air Rute Jakarta-Pontianak, Sempat Kirimkan Sinyal Take Off di Kepulauan Seribu Sebelum Hilang Kontak