Bukan Cuma karena Masalah pada Liver, Penyakit Kuning Bayi Juga Bisa Disebabkan 3 Faktor Tak Terduga Berikut Ini

By Cecilia Ardisty, Senin, 1 Februari 2021 | 19:30 WIB
3 faktor mempengaruhi penyakit kuning selain liver bayi belum siap (freepik)

Nakita.id - Ketika kadar bilirubin dalam darah bayi menjadi tinggi dan tidak sesuai dengan usianya itu disebut penyakit kuning.

Penyakit kuning dapat terjadi pada bayi pada minggu-minggu sekitar 60% pada bayi cukup bulan dan 80% pada bayi prematur.

dr. Reza Abdussalam, Sp.A, Dokter Spesialis Anak yang berparaktik di RSIA Brawijaya Antasari saat diwawancarai Nakita.id untuk liputan khusus pada Sabtu (23/1/2021) menjelaskan terjadinya penyakit kuning bayi.

Baca Juga: Orangtua Jangan Langsung Panik! Ini Cara Tepat Menangani Penyakit Kuning Pada Bayi Baru Lahir

"Waktu ibu sedang mengandung anak, bilirubin di dalam darah bayi biasanya akan masuk ke plasenta jadi akan masuk ke aliran darah ibu.

Tapi bayi baru lahir dan plasenta sudah dipotong artinya sudah tidak berfungsi lagi akhirnya untuk pengambilan bilirubin ini akan dilakukan tugasnya oleh liver atau hati.

Pada anak bayi baru lahir liver atau hati masih belum berkembang dengan baik sehingga bilirubin yang seharusnya diambil oleh hati tadi karena hatinya masih belum sempurna akhirnya dia beredar di pembuluh darah akhirnya menyebabkan kuning," jelas dokter Reza.

Baca Juga: Sering Terjadi Pada Bayi Baru Lahir sehingga Buat Kembali Ke Rumah Sakit, Yuk Cari Tahu Sederet Penyebab Bilirubin