Menatap Layar Laptop Terlalu Lama Membuat Mata Sakit? Coba Redakan Ketegangan Mata dengan Sederet Cara Ini

By Cecilia Ardisty, Kamis, 4 Februari 2021 | 08:15 WIB
Mata sakit karena ketegangan mata akibat menatap layar laptop atau komputer telalu lama (freepik)

Nakita.id - Ketika bekerja dari rumah kita tidak mengenal batasan jam dan menatap layar laptop atau komputer berjam-jam.

Padahal menatap layar laptop atau komputer berjam-jam membuat mata sakit hingga rasa tak nyaman.

Oleh karena itu, Moms membutuhkan cara menyembuhkan mata sakit dari bekerja dari rumah yang berjam-jam itu.

Layar laptop atau komputer Moms melukai mata karena kemampuannya untuk mengatur cahaya berkurang seiring waktu, kata ahli mata jaringan VSP Jennifer Tsai, OD.

Baca Juga: Mata Sering Sakit? Kenali Dulu Penyebabnya, Bisa Jadi Salah Satunya Cedera Kornea

"Saat cahaya dari layar digital memasuki mata Moms, mereka harus menyesuaikan dan memproses cahaya tersebut agar mendarat dengan benar di retina kita — bagian penting dari mata yang memungkinkan penglihatan," kata dokter Tsai.

"Ini memungkinkan Moms untuk melihat gambar dengan jelas. Namun, ketika Moms menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar digital, mata Moms harus bekerja lebih keras untuk memfokuskan kembali cahaya.

Setelah jangka waktu yang lama, otot mata Moms mungkin merasa lelah karena terlalu banyak bekerja, istilah yang dikenal sebagai ketegangan mata digital atau sindrom penglihatan komputer." tambahnya.

Baca Juga: Gejala Baru Covid-19 Bertambah Lagi, Bukan Cuma Delirium, Masyarakat juga Diminta Waspada dengan Sakit Mata Mendadak