Selain Baking Soda, Karang Gigi Rontok Bisa Dengan Minyak Kelapa

By Fadhila Afifah, Minggu, 4 Februari 2018 | 16:27 WIB
Minyak kelapa untuk merontokkan karang gigi ()

Nakita.id - Moms, jika merasa memiliki karang gigi membandel, jangan biarkan ia terus bersarang disana.Karena, bukan hanya membuat penampilan buruk, tapi menyimpan karang gigi terlalu lama juga beresiko terkena periodontitis.Periodontitis yaitu infeksi gusi berat yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan tulang penyangga gigi.BACA JUGA: Jangan Mengonsumsi Bawang Putih dalam Kondisi Ini, Sangat BerbahayaJika sampai mengalami penyakit ini menyerang, gigi akan cepat tanggal dan bakteri yang ada di dalam jaringan gusi juga bisa masuk ke aliran darah lalu menyerang organ lainnya seperti paru-paru dan jantung.Ada berbagai jenis bakteri yang terdapat dalam karang gigi, contohnya Streptococcus Mutans. Ini adalah salah satu bakteri yang terlihat di mulut dan diketahui dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi (periodontitis).Bakteri di mulut menciptakan "biofilm" pada gig, yaitu lapisan tipis yang menempel pada permukaan. Ini yang kita kenal sebagai "plak".Pada umumnya orang-orang memiliki plak pada gigi. Namun jika plak terus ada dalam mulut, bisa menimbulkan berbagai masalah, termasuk bau mulut, gigi kuning, radang gusi dan rongga.BACA JUGA: Keluarga Hemat: 8 Cara Menghemat Uang Rumah TanggaBerbagai bahan alami terbukti mampu menghilangkan karang gigi, seperti baking soda dan cuka.Tapi ada bahan lain yang ampuh menghilangkan karang gigi, yaitu minyak kelapa.Telah terbukti minyak dapat mengurangi jumlah bakteri Streptococcus Mutans di mulut.Cara kerja minyak kelapa sangat sederhana.

Bila Moms menghirup minyak di sekitar mulut, atau dengan mendesahkan (swishing), organisme mikroskopis akan melekat di dalamnya dan larut dalam minyak kelapa.BACA JUGA: 5 Hal yang Setiap Hari Dilakukan Ini Mengecilkan Lengan dengan CepatPada dasarnya, dengan melakukan ini Moms akan menghilangkan banyak bakteri dan karang gigi dan plak plak di mulut.Apa saja manfaat minyak kelapa?Mengurangi bakteri berbahaya di mulutDalam sebuah penelitian di tahun 2008 dengan 20 pria muda, minyak (atau menggunakan minyak wijen) dapat menurunkan jumlah Streptococcus Mutans dalam plak selama kurang dari dua minggu.Mengurangi karang gigi dan radang gusiPeradangan pada gusi adalah alasan radang gusi, dan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mulai menyerang bakteri dalam karang gigi.Menurut sebuah penelitian, obat kumur chlorhexidine yang mengandung minyak kelapa efektif melawan radang gusi.

BACA JUGA: Waspada! Pemilik Zodiak Ini Pandai Berbohong, No 5 Bisa SelingkuhMengurangi bau mulutIni dikenal sebagai halitosis dan disebabkan oleh bau bahan kimia dan gas yang dihasilkan oleh bakteri di mulut.Studi ketiga dari 20 remaja, terapi menggunakan minyak kelapa menurunkan semua penanda untuk bau mulut dan sama efektifnya dengan obat kumur chlorhexidine.Lantas bagaimana menerapkan minyak kelapa untuk merontokan karang gigi?- Diamkan di dalam mulut, 1 sdm minyak kelapa extra-virgin selama 3-5 menit. Muntahkan, jangan berkumur atau menelannya.- Lalu sikat gigi Moms seperti biasa. Ulangi setiap hari, di pagi hari sebelum makan apapun.Cara lain, Moms bisa mengoles beberapa tetes minyak kelapa di gusi setiap hari, juga bisa menggunakan minyak wijen.

BACA JUGA: Pakai Masker Kunyit di Area Mata 10 Menit, Lihat Hasilnya Mengejutkan!Bagaimana Moms? Mudah bukan menerapkannya? cara ini mudah dan tidak butuh bahan yang sulit dan biaya yang besar. (*)