Tersebar di Seluruh Korea Selatan, Inilah Sosok yang Mengenalkan Bakso di Negeri Gingseng

By Maharani Kusuma Daruwati, Rabu, 7 Februari 2018 | 21:41 WIB
Bakso urat di Bakso Bejo Korea.(KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA) ()

Nakita.id - Apakah Moms salah satu penggemar makanan dari bakso?

Tak hanya terkenal dan tersebar luas di Indonesia, ternyata bakso juga dikenal hingga ke mancanegara lo.

Makanan olahan daging ini kini terkenal hingga ke Korea Selatan.

Salah seorang yang berjasa mengenalkan bakso ke Korea Selatan adalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yg bernama Subandi yang sejak 1999 mengadu nasib di Korea Selatan.

Subandi sukses membuat bakso tersebar di seluruh penjuru Korea Selatan. 

BACA JUGA: Kulit Berminyak? Ini 5 Rekomendasi Bedak Tabur yang Cocok Untuk Moms

Lima tahun menjadi buruh di perusahaan mebel membuatnya berpikir untuk meningkatkan taraf hidupnya di negeri orang. Ia mulai mencoba meracik olahan daging sepulang kerjanya pada malam hari.

Bermodal Rp 2,3 juta yang hanya sama dengan 200 Won di 2014, ia membeli satu kilo daging untuk coba diracik menjadi bakso.

Bukan tanpa halangan, dengan modal minim juga pengetahuannya tentang bakso yang minim, membuatnya hampir putus asa.

Sempat ia pulang ke Indonesia untuk mempelajari bakso, tetapi tak ada satu pun pembuat bakso yang mau memberikan ilmunya. Terkadang juga ia pulang karena sakit, harus berbagi waktu istirahat dengan meracik bakso, juga kerja sebagai buruh.

“Akhirnya saya berada di titik jenuh, capai semakin lama malah semakin disuruh-suruh oleh perusahaan. Akhirnya saya memutuskan beranikan diri, pokoknya saya harus jualan bakso, apa pun yang terjadi,” ujar Subandi, saat dihubungi KompasTravel, Jumat (21/7/2017).

Ia mengaku melihat peluang di Korea, harga daging ayam dan sapi termasuk murah. Ia pun memilih bakso sebagai olahan daging yang sering ia temui di Indonesia.